Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan Festival Anggrek 2023 dengan tema "Anggrek Pesona Lokal" diharapkan dapat mendongkrak potensi wisata hingga ekonomi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Bupati Jember bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kasih Fajarini dan perwakilan Forkopimda membuka Festival Anggrek 2023 yang digelar Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Jember di Gedung Serbaguna Kaliwates, Senin.

"Festival Anggrek memiliki potensi untuk dikembangkan ke kampung hingga desa yang membudidayakan anggrek menjadi destinasi wisata. Apalagi Jember punya lahan di Kecamatan Arjasa untuk pengembangan budidaya anggrek," kata Hendy usai membuka Festival Anggrek di Gedung Serbaguna Jember.

Menurutnya festival tersebut menjadi kegiatan tahunan yang tentunya didukung oleh Pemkab Jember khususnya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, sehingga diharapkan festival tersebut terus akan digelar setiap tahun di Jember.

"Kami yakinkan kepada kawan-kawan peserta di Festival Anggrek bahwa Jember memiliki letak geografis yang luar biasa dengan ketinggian 645 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang cocok untuk budidaya anggrek," tuturnya.

Selain itu, Kabupaten Jember juga punya pantai yang memang cukup panas, namun anggrek pun bisa dikembangkan di daerah tersebut, artinya lokasi Jember sangat mempengaruhi kriteria untuk pengembangan anggrek.

"Membudidayakan anggrek tentu dibutuhkan tenaga ahli di bidangnya, sehingga diharapkan tumbuh sumber daya manusia (SDM) dan dapat menjadi potensi untuk membuka peluang kerja sebagai pengusaha dan mendongkrak sektor ekonomi," katanya.

Sementara Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Jember Budi Sugiarto mengatakan salah satu jenis tanaman hias itu sangat memiliki pesona yang luar biasa dan banyak ribuan jenisnya.

"Anggrek memiliki potensi untuk membangkitkan geliat ekonomi melalui transaksi jual beli. Selain itu, anggrek bisa dijadikan sebagai sarana edukasi, estetik maupun kreasi," katanya.

Dalam Festival Anggrek 2023 terdapat berbagai macam kegiatan seperti kontes anggrek, klinik anggrek, hingga bursa anggrek yang menawarkan jenis tanaman anggrek terbaiknya dari berbagai kota.

Baca juga: Banjarmasin gelar festival anggrek seribu sungai

Baca juga: Sultan akan buka Festival Anggrek Merapi

Baca juga: Dubes RI apresiasi Kew Garden gelar Festival Anggrek Indonesia

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023