Solo (ANTARA) -
Pemerintah Kota(Pemkot) Surakarta membuka seleksi terbuka untuk jabatan Sekretaris Daerah(Sekda) menyusul pejabat saat ini akan memasuki masa pensiun.
 
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Senin mempersilahkan pihak-pihak yang tertarik ikut untuk berkompetisi.

Ia juga berharap agar sekda yang baru memiliki kemampuan yang baik, setidaknya menyamai sekda-sekda sebelumnya.

"Sejauh ini Pak Budi Yuli (mantan sekda, Red.), Pak Ahyani (sekda saat ini, Red.), almarhum Pak Budi (mantan sekda Budi Suharto, Red.) bagus-bagus. Harapannya sekelas itu atau di atasnya," katanya.

Ia juga mempersilahkan ASN Solo untuk mengikuti. Menurut dia, ada beberapa di antaranya yang eligibel, mulai dari kepala dinas hingga camat.

"Beberapa kepala dinas bisa daftar karena memenuhi syarat. (Camat, Red.) silahkan berkompetisi," katanya.

Ia juga membuka seleksi tersebut untuk peserta dari luar kota. Termasuk ketika disinggung mengenai kemungkinan eks-Camat Gajahmungkur Kota Semarang Ade Bhakti untuk ikut seleksi tersebut, menurut dia tidak menutup kemungkinan bisa terjadi.

"Ini kan bebas, semua boleh ikut. Silahkan berkompetisi. Dari dalam, dari luar, eselon tiga, monggo. Yang muda boleh, yang tua boleh. Yang penting semangat kerja, sekarang kompetisi bebas. Yang kami lihat merit sistemnya," katanya.

Sementara itu, ia berpesan kepada sekda yang baru nantinya memiliki semangat untuk berkolaborasi. Apalagi, dikatakannya, semua yang ada di Solo hasil kolaborasi dengan pihak swasta.

"Itu yang kami dorong kepada sekda berikutnya. Sekarang sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan," katanya.

Baca juga: Gibran ingin pemimpin Solo selanjutnya tak pikirkan bangunan fisik
Baca juga: Wali Kota Surakarta targetkan 2025 tidak ada lagi RTLH
Baca juga: Pemkot Surakarta harap bisa kelola Benteng Vastenburg pasca-penyitaan
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023