Jakarta (ANTARA) - Kurang dari 50 hari menjelang Asian Games edisi ke-19, sang tuan rumah Hangzhou mulai melakukan berbagai kegiatan untuk mengajak masyarakatnya menyambut pesta olahraga antar negara Asia tersebut.

Inisiatif Hari Kebugaran Nasional digelar di 13 zona kompetisi di Hangzhou, mempromosikan pengembangan "sports+" untuk menciptakan kegiatan olahraga yang sesuai dengan gaya hidup saat ini.

Dikutip dari laman resmi Asian Games Hangzhou, Selasa, acara tersebut dimulai dengan citywide offline challenge dengan tema Asian Games, menampilkan kombinasi dari delapan cabang olahraga dan kegiatan hiburan.

Acara, yang sebagian besar peserta berasal dari komunitas olahraga, itu juga menggabungkan berbagai elemen yang terkait dengan Asian Games, mulai dari sosialisasi teori hingga pengalaman praktis, sehingga memicu semangat kebugaran di kalangan masyarakat umum dalam semangat Asian Games Hangzhou.

Tidak hanya itu, tuan rumah juga berbenah dari segi infrastruktur. Uji coba publik dilakukan untuk kereta cepat yang dirancang khusus untuk Asian Games.
 
Maskot Asian Games berpose di depan kereta cepat yang dirancang khusus untuk Asian Games Hangzhou. (hangzhou2022.cn)

Kereta tersebut menggunakan sistem WTD (Wireless Train Dispatching) on-board berdasarkan teknologi 5G full-band, dan menggabungkan sistem pemantauan keselamatan dan prediksi kesalahan serta sistem manajemen kesehatan.

Teknologi ini memungkinkan platform analisis big data yang terintegrasi, membuat kereta beroperasi dengan aman, cepat, dan lancar.

Kereta dilengkapi dengan sistem penyesuaian otomatis untuk tekanan dan suhu udara, yang secara efektif mengurangi ketidaknyamanan seperti telinga berdenging yang disebabkan oleh perubahan tekanan saat melewati terowongan.

Jaringan "5G+WiFi" berkecepatan tinggi dan berlatensi rendah tersedia di seluruh gerbong kereta, memastikan akses internet yang lancar bagi penumpang tanpa lag.

Gerbong pertama dan kedelapan dilengkapi dengan teknologi interaktif cerdas, yang menawarkan layanan seperti pusat hiburan, proyeksi layar nirkabel, dan informasi operasional.

Baca juga: Penyelenggara sebut Asian Games di Hangzhou terbesar dalam sejarah
Baca juga: OCA sebut Asian Games Hangzhou akan menginspirasi masyarakat Asia

Selanjutnya: Didedikasikan untuk Asian Games

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023