Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah menggelar perlombaan lari maraton 5 kilometer yang merupakan bagian dari menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diikuti peserta dari semua kalangan.

Penjabat Sekda Kabupaten Puncak Jaya Yubelina dalam siaran pers di Jayapura, Selasa, mengatakan terlihat para peserta yang mengikuti perlombaan tersebut sangat senang di mana setelah pandemi COVID-19 lalu pihaknya tidak melakukan kegiatan.

“Hari ini Selasa (8/8) kami menggelar perlombaan lari maraton 5 km, sehingga Pemkab Puncak Jaya berharap melalui acara ini dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap olahraga serta menanamkan rasa cinta tanah air apalagi menjelang HUT Kemerdekaan RI,” katanya.

Menurut Yubelina, pada lomba lari maraton 5 km, para peserta berasal semua kalangan mulai dari pelajar SD, SMP, SMA/SMK, dan masyarakat.

“Kami juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini juga dapat mengajak masyarakat Kabupaten Puncak Jaya menjadi lebih sehat lagi,” ujarnya.

Dia menjelaskan jarak lomba lari maraton yaitu 5 km dimulai dari ruas jalan lapangan Trikora Kota Lama Kabupaten Puncak Jaya hingga berakhir di Ruas Jalan Alun-alun Kota Baru Pagaleme. Tentu ini suatu kebanggaan untuk semua dapat menggelar perlombaan dimana semarak HUT RI ini disambut antusias oleh para peserta yang mengikutinya.

“Tidak hanya itu semua masyarakat juga terlihat sangat antusias menunggu kehadiran para peserta sehingga semarak HUT RI di Kabupaten Puncak Jaya sangat terasa, apalagi selain itu juga ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan,”katanya lagi.

Dia menambahkan apalagi tadi ada seorang anak dari sekolah dasar yang penuh semangat berlari melewati garis finis yang membuat penonton sontak berteriak menyemangati anak tersebut.

Baca juga: Kodim Teluk Wondama ekspedisi ke wilayah terisolasi meriahkan HUT RI
Baca juga: Banda Aceh canangkan gerakan 10 juta bendera Merah Putih


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023