Di dunia kerja kan lebih sering yang diunggulkan anak SMA/SMK, padahal pesantren kan diperkuat (pendidikan karakternya), kenapa tidak coba fokus ke pesantren?,
Kuningan, Jawa Barat (ANTARA) - Universitas Prasetiya Mulya meresmikan rumah produksi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan jenama Sabun Zahra di Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Mukhlisin, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.
 
Peresmian rumah produksi UMKM tersebut merupakan bagian dari Program Manusia Paripurna Pancasilais yang dicanangkan oleh Universitas Prasetiya Mulya pada 2023 ini.
 
"Tujuan utama Universitas Prasetya Mulya dengan program ini yakni mengentaskan kesenjangan kesejahteraan dengan membantu peningkatan kapasitas UMKM," kata Wakil Rektor I Universitas Prasetiya Mulya Prof. Agus W. Soehadi saat meresmikan rumah produksi UMKM tersebut di Kuningan, Jawa Barat, Selasa.
 
Ia mengatakan peningkatan kualitas UMKM di Ponpes Daarul Mukhlisin juga dibarengi dengan peningkatan kualitas santri agar dapat bersaing di dunia kerja.
 
Dia menyebutkan terdapat setidaknya tiga hingga empat juta santri di Indonesia dengan berbagai kompetensi, yang salah satunya adalah karakter yang sudah terdidik.
 
"Di dunia kerja kan lebih sering yang diunggulkan anak SMA/SMK, padahal pesantren kan diperkuat (pendidikan karakternya), kenapa tidak coba fokus ke pesantren?," kata Agus W. Soehadi .
 
Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Ponpes Daarul Mukhlisin K.H. Yayat Hidayat mengapresiasi upaya Universitas Prasetiya Mulya dalam mengadakan program tersebut.
 
"Ini program yang keren, karena merupakan kolaborasi pengembangan usaha yang juga kemandirian para santri," katanya.

Ia mengatakan Program Manusia Paripurna Pancasilais sangat cocok diterapkan di ponpes tersebut, lantaran dalam usahanya, Ponpes Daarul Mukhlisin turut melibatkan warga Desa Cisantana yang mayoritas merupakan penganut agama Katholik.
 
Yayat Hidayat berharap program tersebut dapat terlaksana dengan baik, serta usaha yang dilakukannya dapat berkembang dengan pesat.
 
Program Manusia Paripurna Pancasilais adalah program yang dicanangkan oleh Universitas Prasetiya Mulya yang bertujuan untuk melaksanakan tujuan mulia bagi sesama, dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: UMKM pesantren diminta manfaatkan pertumbuhan ekonomi digital

Baca juga: Universitas Prasetiya Mulya keluarkan anak pejabat yang jadi tersangka

Baca juga: Hutama Karya libatkan UMKM dalam program Pesantren Mandiri Pangan Riau

Baca juga: Legislator: Penguatan UMKM di pesantren kunci sukses kewirausahaan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023