Ke depan ada pertumbuhan-pertumbuhan ekonomi yang tumbuh dari terminal ini...
Bengkulu (ANTARA) -
Kementerian Perhubungan meminta kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu agar Terminal Tipe A Air Sebakul yang dibangun bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru bagi daerah.
 
"Ke depan ada pertumbuhan-pertumbuhan ekonomi yang tumbuh dari terminal ini, pemerintah daerah agar bisa (membuat terminal menjadi sumbernya pertumbuhan ekonomi baru), tumbuh dengan baik karena kalau tidak ada pertumbuhan ya kurang bagus," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno di Bengkulu, Selasa.
 
Terminal saat ini, kata dia, bukan lagi sekedar tempat menurunkan atau menaikkan penumpang seperti fungsi terminal zaman dulu. Terminal saat ini harus lebih modern, menjadi stimulan untuk pertumbuhan-pertumbuhan lain, termasuk perekonomian.
 
"Bukan hanya terminal seperti tempo dulu menaikkan menurunkan penumpang, tapi sudah selayaknya seperti bandara yang berbagai aktivitas termasuk perekonomian tumbuh di sana," kata dia.
 
Terminal Tipe A Air Sebakul Bengkulu kata Hendro dapat dikembangkan untuk stimulan perekonomian daerah seperti untuk sarana dan prasarana usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 
Sehingga, aktivitas di terminal tidak hanya pada jam-jam tertentu seperti jam kedatangan dan keberangkatan penumpang saja. Tetapi, aktivitas terminal bisa hidup 24 jam tanpa henti.
 
Kalau hanya fokus untuk menurunkan dan menaikkan penumpang saja menurut dia, terminal tersebut nantinya malah sepi dan tidak akan berfungsi dengan baik.
 
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan Terminal Air Sebakul direncanakan terintegrasi dengan sarana dan prasaran penunjang lainnya seperti Pelayanan Samsat, uji SIM, pengembangan UMKM juga kantor penghubung lainnya.
 
Gubernur Rohidin berharap Terminal Penumpang Tipe A Air Sebakul di Kota Bengkulu juga dapat menjadi kawasan perputaran ekonomi baru di Provinsi Bengkulu.
 
"Ini akan menjadi sebuah wilayah yang sangat strategis, dekat dengan pintu TOL yang akan segera berfungsi Insya Allah, ini betul-betul terhubung dengan lingkar luar Kota Bengkulu dan menghubungkan dengan Pelabuhan Pulau Baai," ujar Gurbernur Rohidin.

Baca juga: Kemenhub membangun Terminal Tipe A Bengkulu
Baca juga: BPS: Perekonomian Bengkulu triwulan II tumbuh 6,73 persen

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023