Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Al Habsy mengapresiasi kerja Tim Investigasi TNI AD yang bekerja cepat mengungkap pelaku penyerbuan ke Lembaga Pemasyarakatan Cebongan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Tim investigasi TNI AD bekerja cepat sehingga mengakhiri spekulasi dan kesimpangsiuran informasi yang beredar di publik perihal siapa pelaku penyerbuan ke Lapas Cebongan di Sleman," kata Aboebakar Al Habsy melalui surat elektronik (e-mail), Jumat.

Menurut Aboebakar, laporan hasil kerja Tim Investigasi TNI AD merupakan prestasi yang patut diapresiasi, tapi di sisi lain, menjadi kado buruk bagi Kopassus yang akan berulang tahun pada 16 April.

"Apa yang dilakukan oleh oknum anggota Kopasus adalah tindakan personal, jangan sampai dihubung-hubungkan dengan kesatuan," katanya.

Menurut Aboebakar proses investigasi yang cepat oleh Tim Investigasi TNI AD dan penyampaiannya secara terbuka kepada publik, menunjukkan akuntabilitas dari proses tersebut.

"Tidak berlebihan jika kemudian publik berharap Mabes TNI AD menyelesaikan proses hukum dari perkara ini. Bisa saja dilakukan koordinasi dengan Polda DI Yogyakarta yang juga memiliki bukti-bukti," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013