Jakarta (ANTARA) - Tim kontingen Indonesia menutup gelaran FISU World University Games 2021 Chengdu, China, di peringkat 15 klasemen akhir.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Selasa, tim Merah Putih meraih sebanyak tujuh medali dari pekan olahraga mahasiswa atau FISU World University Games Chengdu 2021 yang berlangsung mulai 28 Juli hingga 8 Agustus di Chengdu, China, terdiri dari empat medali emas dan tiga perak.

Raihan medali emas di ajang FISU World University Games 2021 kali ini terasa spesial karena telah memutus catatan buruk Indonesia yang terakhir kali memperoleh medali emas pada gelaran event tahun 2011 lalu.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kemenpora RI (@kemenpora)


Dalam ajang ini Indonesia mengirimkan kontingen yang terdiri dari 51 atlet, 19 pelatih, dan tujuh ofisial, yang mengikuti delapan dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Adapun delapan cabang olahraga yang diikuti adalah wushu, taekwondo, judo, atletik, renang, bulu tangkis, rowing, dan tenis.

Lumbung medali Indonesia berasal dari tim wushu. Medali emas diraih Nandhira Mauriskha (dua emas), Tharisa Dea Florentina (satu emas), dan Laksmana Pandu Pratama (satu emas). Sementara medali perak disumbang Edgar Xavier Marvelo (dua perak) dan Bintang R Nada Guitara (satu perak).

Indonesia terakhir kali memperoleh emas pada ajang FISU World University Games 2011 Shenzen, China, dimana Indonesia hanya meraih 3 emas melalui lifter angkat besi yakni Eko Yuli Irawan (62kg putra), Deni (69kg putra), dan Mixed Team Badminton.

Sementara itu tuan rumah China dipastikan menjadi juara umum usai memperoleh total raihan 178 medali yang terdiri dari 103 emas, 40 perak dan 35 perunggu.

Di peringkat kedua ditempati oleh Jepang yang mengumpulkan total 93 medali (21 emas 29 perak dan 43 perunggu). Lalu Korea Selatan mampu mengunci peringkat ketiga dengan total medali 58 (17 emas, 18 perak dan 23 perunggu) selisih 2 perunggu dari Italia yang berada di peringkat keempat dengan memperoleh total 56 medali (17 emas, 18 perak dan 21 perunggu).

Baca juga: DPR apresiasi kontingen Indonesia yang catat rekor di FISU World 2021
Baca juga: Atlet wushu Nandhira raih emas kedua di FISU World University Games
Baca juga: Atlet wushu Nandhira sabet emas di FISU World University Games

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023