Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia menempati peringkat ke-6 dalam klasemen sementara ajang FISU World University Games yang berlangsung di Chengdu, China, pada 28 Juli-8 Agustus, dengan mengantongi masing-masing dua medali emas dan perak.

Keseluruhan medali kontingen Merah Putih datang dari cabang olahraga wushu. Atlet wushu putri Indonesia Nandhira Mauriska dari Universitas Bina Nusantara berhasil menyumbang dua emas, yaitu pada nomor Changquan Putri dan Jianshu Putri.

Sementara, atlet wushu putra Indonesia Edgar Xavier Marvelo dari Universitas Bhayangkara Raya mempersembahkan dua perak, yakni dari nomor Changquan Putra dan Jianshu Putra, demikian dilansir melalui laman resmi Olimpiade, Senin.

Baca juga: Atlet wushu Nandhira sabet emas di FISU World University Games

Sementara itu, menurut laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI), Indonesia mengirimkan sebanyak 51 atlet kontingen dari 31 perguruan tinggi di Indonesia yang telah dilepas secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Selasa (25/7).

Sebanyak 51 atlet dalam kontingen tersebut bertarung memperebutkan gelar pada delapan cabang olahraga, yaitu wushu, renang, judo, tenis, atletik, taekwondo, dayung, dan bulu tangkis.

Selain itu, sebanyak 18 pelatih dan tujuh ofisial juga turut mendampingi kontingen berlaga pada ajang tersebut.

Hingga hari ini, kontingen tuan rumah masih berada di puncak klasemen FISU World University Games dengan perolehan total 22 medali, yakni 13 emas, lima perak, dan empat perunggu.

Baca juga: Jokowi semangati atlet RI di ajang FISU World University Game

India yang berada di peringkat kedua, bersaing ketat dengan Jepang yang berada di posisi ketiga, dengan perolehan jumlah medali persis sama, yaitu sembilan emas, tiga perak, dan lima perunggu, dengan total 17 medali.

Namun India tampil dominan dalam ajang FISU World University Games. Kontingen India diperkuat oleh hampir 230 atlet untuk bersaing memperebutkan medali dalam ajang tersebut.

Nama-nama terkenal yang mewakili India di antaranya sprinter Amlan Borgohain, perenang Srihari Nataraj, dan pebulu tangkis Tanisha Singh yang berusia 18 tahun, sekaligus menjadi atlet termuda dalam kontingen.

Sebanyak 269 medali akan diperebutkan pada 18 cabang olahraga yang berbeda di Chengdu. Namun, kontingen India berkompetisi dalam 11 cabang olahraga, yaitu panahan, atletik, bulu tangkis, anggar, judo, menembak, renang, tenis meja, taekwondo, tenis, dan bola voli. Tim wushu juga dijadwalkan untuk bertanding tetapi kemudian mundur.

World University Games yang sedang berlangsung adalah edisi ke-31 dari ajang multicabang dua tahunan itu. Sedangkan edisi 2021 ditunda karena COVID-19.

Pada edisi sebelumnya tahun 2019 yang diadakan di Naples, Italia, Indonesia hanya mendapatkan satu perunggu.

Baca juga: Timnas wushu Indonesia siap tampil di FISU World University Games 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023