Undiksha saat ini dihadapkan pada tantangan untuk segera menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Dengan menjadi PTN-BH, Undiksha ke depan akan dapat berkembang secara lebih otonom, mandiri, inovatif, dan kreatif
Singaraja, Bali (ANTARA) - Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Provinsi Bali, Prof Dr I Wayan Lasmawan, M.Pd mengajak pejabat wakil dekan yang baru dilantik bersama-sama bekerja keras mewujudkan kampus setempat sebagai lembaga Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

"Undiksha saat ini dihadapkan pada tantangan untuk segera menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Dengan menjadi PTN-BH, Undiksha ke depan akan dapat berkembang secara lebih otonom, mandiri, inovatif, dan kreatif," katanya melalui siaran pers yang diterima, di Singaraja, Bali, Rabu.

Ia mengatakan, skema status PTN-BH dimaksudkan oleh Kemendikbudristek untuk lebih memandirikan perguruan tinggi.

Unutk menjawab tantangan tersebut, para pejabat baru ini melalui bidangnya masing-masing diminta untuk dapat bekerja secara optimal dan mampu menjadikan fakultas maupun universitas yang unggul dan berdaya saing yang lebih kompetitif.

Menurut dia, kebutuhan dan arah penguatan kapasitas kelembagaan untuk menjadi PTN BH harus menjadi landasan dan orientasi kinerja setiap civitas kampus pendidikan tenaga pendidikan terbesar di Indonesia bagian timur tersebut.

Untuk itu, kepada para pejabat yang baru diingatkan bahwa terdapat seperangkat kewajiban dan tanggung jawab yang harus diemban, untuk saling bahu membahu dalam mensukseskan, serta mempercepat langkah Undiksha menjadi PTN BH.

Diakui, tanggung jawab tersebut tidaklah mudah, sehingga sinergisitas potensi lintas fakultas sangat dibutuhkan.

“Jangan lagi ada sekat apalagi pengikat yang menjauhkan dan mendegradasi kebersamaan yang selama ini telah tersemai dengan subur dalam hati, pikiran, dan tindakan sebagai warga Undiksha,” katanya.

Rektor berkeyakinan bahwa siapa pun dari warga Undiksha yang diusulkan dan dipercaya untuk menjadi team works di setiap fakultas, pasti akan memberikan kinerja terbaik bagi kemajuan Undiksha.

Sementara kepada yang belum terangkul dalam koridor manajemen pimpinan, ia sangat yakin tetap dapat memberikan kinerjanya yang terbaik untuk bersama-sama mengguratkan warna-warna keemasan di atas kanvas lukisan indah Undiksha yang telah dimiliki bersama.

Pada kesempatan ini, juga disampaikan penghargaan dan terimakasih kepada wakil dekan sebelumnya.

Kinerjanya dinilai telah mampu menghantarkan Undiksha meraih berbagai prestasi dan berada pada posisi seperti saat ini, demikian I Wayan Lasmawan.

Baca juga: Budi daya abalone antar mahasiswa Undiksha juara LKTI

Baca juga: Dua doktor baru dilahirkan Undiksha-Bali

Baca juga: Jajaki kerja sama, Dubes India kunjungi Undiksha Singaraja

Pewarta: Rolandus Nampu/IMBA Purnomo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023