Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menyambut baik rencana kunjungan delegasi Partai Komeito ke Indonesia dan berharap dapat meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara.

“Saya berharap kunjungan Partai Komeito dapat lebih diintensifkan. Penting bagi kedua negara untuk terus berdialog mengedepankan isu yang menjadi kepentingan bersama secara terbuka dan transparan. Penting untuk Partai Komeito bersahabat dengan partai-partai di Indonesia, bukan hanya dengan pejabat pemerintah," kata Heri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Ketua Partai Kometo Natsuo Yamaguchi berkunjung ke KBRI Tokyo untuk mengawali rencana kunjungan Partai Komeito ke Indonesia pada 17-19 Agustus mendatang.

Saat menerima kunjungan, Heri didampingi Koordinator Fungsi Politik Ali Sucipto, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno, Atase Kehutanan Zahrul Muttaqin dan Atase Perhubungan Ikhsandy Wanto Hatta.

Heri mengaku senang jika terjalin komunikasi dengan kelompok masyarakat. "Kerja sama di bidang seni dan budaya juga baik dilakukan melalui pertukaran grup kesenian. Kerja sama bidang pendidikan melalui pertukaran pelajar dan mahasiswa juga baik dilakukan. Kami akan senang membantu selama kunjungan Partai Kometo ke Indonesia,” katanya.

Delegasi Partai Komeito berjumlah 23 orang, yang terdiri atas petinggi Partai Komeito, pejabat Kementerian Luar Negeri dan perwakilan media Jepang berencana datang ke Indonesia.

Yamaguchi menjelaskan bahwa kunjungan Partai Komeito ke negara-negara sahabat, khususnya Indonesia merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun dalam rangka mempererat hubungan kedua negara,

“Dalam kunjungan ke Indonesia ini kami akan mempererat komunikasi antar parlemen, kerja sama sosial budaya dan peningkatan hubungan antar masyarakat Indonesia dengan Jepang. Terima kasih atas dukungan Dubes Heri Akhmadi,” kata Natsuo Yamaguchi.

Partai Komeito merupakan partai yang memiliki sejarah kedekatan dengan Soka-gakkai, salah satu aliran agama Buddha yang cukup populer di Jepang. Partai Kometo berpandangan Indonesia sebagai negara yang menganut dan mengakui banyak agama, memiliki peran penting dalam meningkatkan kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan damai.

Baca juga: Pimpinan Partai Jepang berkunjung ke China
Baca juga: Jumlah pemilih pemilu DPR Jepang terendah pasca-perang
Baca juga: Blok berkuasa pertahankan duapertiga mayoritas pemilu DPR Jepang

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023