Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengukuhkan 18 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih di Balai Indonesia, Meguro di Tokyo, Jepang pada Selasa (15/8).

Sebagian besar anggota Paskibra merupakan pelajar Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang berasal dari berbagai tingkat dan jenjang pendidikan serta latar belakang, termasuk anak dengan orang tua yang berbeda warga negara atau hasil perkawinan campuran.

"Selamat atas terpilihnya 18 anggota Paskibra yang telah melewati proses seleksi ketat serta pelatihan yang intens. Saya berharap para siswa terpilih dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, terutama saat meletakkan bendera merah putih pada letaknya yang terhormat," kata Heri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Heri berpesan agar anggota Paskibra turut menyadari bahwa mereka berasal dari beragam latar belakang dan mewakili kebesaran serta kemajemukan bangsa Indonesia dengan akar budaya, nilai-nilai dan identitas yang berbeda-beda dan mampu bersatu, kompak, setia, saling menghormati dan menghargai antarsesama.

"Inilah contoh nyata, betapa indahnya apabila kebersamaan seperti ini hadir di seluruh negeri yang kita cintai. Saya pun turut mendoakan kalian menjadi pemimpin, tokoh, dan putra-putri terbaik bangsa," kata Heri.

Selain dihadiri para orang tua yang memasangkan kendit di pinggang putra-putrinya, hadir pula Wakil Duta Besar Indonesia untuk Jepang, John Tjahjanto Boestami, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya, Meinarti Fauzie, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Yusli Wardianto serta Kepala SRIT Ari Driyaningsih.

Delapan belas anggota Paskibra tersebut yakni Najwa Nur Adnina, Dzaky Abdurrahman Hakim, Primadriya Airlangga Sinatrya, Carisa Arinka Navalinda, Macca Tanka Soemadipradja, Nalendra Anantri, Alya Nursyifa Kusumo, Michaila Azzahra, Muhammad Bintang Putra Gunawan, Bunga Verliana Trisna, M. Thirafi Ilhamsyah, Ursula Catharina Tri Putri Boestami, Fariz Aditya Ramadhan, Hikaru Todoroki, Mariyana Hanako Mizutani, M. Harits Ramadhan Syahlan, Naomi Natalie Ruauw dan Shakila Hiroko Munir.

Baca juga: Kemarin, Jokowi kukuhkan Paskibraka 2023 hingga tepis dukung Prabowo
Baca juga: Paskibraka berlatih selama 40 hari sebelum tugas Upacara HUT RI

 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023