Banda Aceh (ANTARA) - Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Aceh mengusulkan pemerintah memasukkan mitigasi kebencanaan dalam kurikulum sekolah karena Indonesia merupakan wilayah rawan bencana.

"Mitigasi bencana penting diajarkan kepada peserta didik, karena Indonesia merupakan wilayah rawan bencana. Karena itu, kami mendorong mitigasi bencana masuk dalam kurikulum sekolah," kata Ketua FPRB Aceh Hasan Dibangka di Banda Aceh, Rabu.

Menurut dia, dengan masuknya mitigasi kebencanaan dalam kurikulum, menjadi keharusan lembaga pendidikan, mulai pendidikan usia dini, sekolah dasar hingga menengah maupun perguruan tinggi menjadikannya mata pelajaran wajib.

Baca juga: Pakar: Pengetahuan mitigasi bencana tsunami di Aceh masih minim

Selama ini, katanya, mitigasi kebencanaan terbatas diajarkan di lembaga pendidikan. Pembelajarannya masih di luar kurikulum atau hanya menjadi ekstra kurikuler. Padahal, mitigasi ini penting, bagaimana peserta didik memahami dan mencegah dampak negatif saat terjadi bencana.

"Selama ini, mitigasi bencana hanya diajarkan saat simulasi di sekolah. Itu pun tidak rutin dan tidak semua sekolah melakukannya. Kondisi ini menyebabkan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap mitigasi bencana," katanya.

Di Aceh, kata Hasan Dibangka, termasuk wilayah rawan bencana, seperti gempa, banjir, tanah longsor, dan lainnya. Bencana tidak dapat diprediksi kapan terjadi, namun pengurangan risiko dampak dari bencana tersebut dapat dicegah.

Oleh karena itu, FPRB Aceh terus menyuarakan agar mitigasi kebencanaan masuk dalam kurikulum sekolah, sehingga anak-anak sebagai generasi penerus bangsa mampu mengurangi dampak risiko apabila terjadi bencana.

"Mitigasi bencana ini bagaimana mengurangi risiko seperti banyaknya korban saat bencana terjadi serta lainnya. Tentunya, kita tidak ingin banyak korban jiwa saat bencana terjadi seperti gempa yang disusul tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004," kata Hasan Dibangka.

Baca juga: Banda Aceh lanjutkan kerjasama mitigasi bencana dengan Jepang

Baca juga: 16 Tahun Tsunami Aceh, LIPI: Masyarakat harus mandiri mitigasi bencana

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023