Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI resmi mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001 atau standar tersohor di dunia untuk Information Security Management Systems (ISMS) atau Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Atas sertifikasi itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim mengatakan bahwa perlindungan data pribadi menjadi perhatian utama dan wajib dilaksanakan secara konsisten oleh jajaran keimigrasian.

"Saya sangat mendukung terkait dengan sertifikasi ISO/IEC 27001 ini, suatu hal yang baik dalam tata kelola di Imigrasi. Selanjutnya, kebiasaan menjadi yang terpenting untuk diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari agar sesuai dengan ISO yang kami peroleh," katanya dalam siaran pers diterima di Jakarta, Rabu.

Silmy bersyukur dan bangga atas perolehan sertifikat tersebut. Ia lantas berharap penerapan standar ISO/IEC 27001 dapat dilanjutkan ke aplikasi yang sudah ada lainnya.

"Harus dapat menjalankan sesuai dengan standardisasi yang telah ditetapkan," ujar Dirjen Imigrasi.

ISO/IEC 27001 mendefinisikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh berbagai sektor untuk membangun, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

Organisasi-organisasi yang memenuhi standar ISO/IEC 27001, kata dia, telah menerapkan sistem untuk mengelola risiko yang terkait dengan keamanan data yang dimiliki.

Sistem yang dijalankan organisasi tersebut juga menghormati semua praktik terbaik (best practices) dan prinsip-prinsip yang diabadikan dalam standar internasional ini.

Sebelumnya, isu dugaan kebocoran data paspor moncer dibicarakan. Terkait dengan hal tersebut, Ditjen Imigrasi telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dari hasil koordinasi tersebut, Ditjen Imigrasi memastikan tidak ada data biometrik yang bocor. Di sisi lain, Ditjen Imigrasi secara simultan juga melakukan penguatan sistem keamanan hingga memenuhi standar ISO/IEC 27001.

Baca juga: Silmy Karim perketat pembuatan paspor untuk wanita
Baca juga: Dirjen Imigrasi punya sistem kenali wajah buronan

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023