Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama menggelar seleksi terbuka calon Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Katolik yang ditujukan bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang memenuhi syarat.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali menjelaskan pendaftaran seleksi ini dilakukan secara daring melalui Pusaka Superapps Kementerian Agama. Juga bisa melalui laman resmi pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Madya Kementerian Agama https://ropeg.kemenag.go.id/apps/seleksijpt/.  

"Pendaftaran dibuka secara online melalui Pusaka Superapss Kemenag atau laman Biro Kepegawaian, dari 9 sampai 24 Agustus 2023," kata Nizar di Jakarta, Rabu.

Jika ada yang mengalami kesulitan dalam mengunggah dokumen persyaratan, kata Nizar, pelamar dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi dengan alamat Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama atau melalui email seleksijptkemenag@gmail.com.

"Pelamar yang dinyatakan selesai proses pendaftarannya adalah pelamar yang telah mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran online," kata dia.  

Sementara itu, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag Nurudin menjelaskan bahwa proses seleksi dibagi dalam dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi Administrasi merupakan seleksi dokumen persyaratan yang telah diunggah pelamar.  

"Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi kompetensi. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 4 September 2023," katanya.

Seleksi kompetensi meliputi penulisan makalah, asesmen kompetensi, wawancara akhir, dan rekam jejak. Penulisan makalah dijadwalkan pada 12 September 2023. Asesmen kompetensi digelar 13-16 September 2023. Sementara wawancara akhir akan dilakukan pada 30 September 2023.

Pelamar yang telah mengikuti seleksi kompetensi harus menyampaikan surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum dan kejiwaan serta surat keterangan bebas narkoba dengan hasil laboratorium. Penyampaian hasil tes kesehatan pada 4 Oktober 2023.

"Pengumuman hasil akhir seleksi pada 16 Oktober 2023. Hasil Akhir Seleksi, merupakan pengumuman daftar tiga nama pelamar berdasarkan peringkat nilai terbaik per jabatan yang disusun berdasarkan urutan abjad," katanya.

Baca juga: Menag apresiasi terbitnya buku peserta Short Course Itjen Kemenag

Baca juga: Menag apresiasi kebijakan reformulasi PPPK Kemenag

Baca juga: Kemenag: MOOC Pintar jangkau ratusan ribu peserta dalam setahun

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023