Tiga tentara ISAF dan dua warga sekutu tewas akibat serangan bom di Afghanistan selatan pada hari ini,"
Kabul (ANTARA News) - Ledakan bom rakitan di Afghanistan selatan menewaskan tiga tentara NATO dan dua warga sekutu, kata Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) NAT0 pada Sabtu.

"Tiga tentara ISAF dan dua warga sekutu tewas akibat serangan bom di Afghanistan selatan pada hari ini," kata militer dalam pernyataan dikutip AFP.

Pernyataan itu tidak mengungkapkan asal negara dari tiga tentara dan dua warga sipil yang tewas itu sesuai dengan kebijakan ISAF.

Seorang juru bicara ISAF di Kabul mengatakan ledakan itu adalah satu bom mobil yang ditujukan pada satu patroli militer di selatan yang dilanda pemberontakan. Juga ada korban para warga sipil Afghanistan, tambahnya.

Seorang pejabat Afghanistan juga mengonfirmasikan bahwa ledakan itu adalah satu bom mobil yang ditujukan terhadap satu patroli NATO di kota Qalat, ibu kota provinsi Zabul, Afghanistan selatan.

"Satu bom mobil meledak pagi ini di kota Qalat ketika satu konvoi NATO lewat. Kami mendengar suara ledakan itu menimbulkan banyak korban," kata pejabat provinsi itu yang tidak bersedia namanya disebutkan kepada AFP.

Serangan itu adalah salah satu dari serangan-serangan yang paling banyak menelan korban jiwa bagi pasukan koalisi pimpinan AS tahun ini, sementara pasukan mereka mengurang operasi mereka di negara yang porak poranda akibat perang itu menjelang penarikan seluruh pasukan tahun 2014. (H-RN/B002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013