Depok (ANTARA) - Kemendikbudristek menyatakan sebanyak 199 pemuda dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023, bakal meramaikan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023.

“Mereka terdiri atas 68 orang tergabung dalam tim orkestra dan 131 orang dalam tim paduan suara yang dikenal sebagai GBN 2023,” kata Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti dalam konferensi pers di Depok, Jawa Barat, Kamis.

GBN merupakan tim orkestra dan paduan suara yang meliputi pemuda-pemudi berusia 16-23 tahun dari seluruh provinsi di Indonesia dengan penuh kreasi, bakat dan potensi di bidang musik.

Baca juga: Empat pemuda Kalsel terpilih ikuti paduan suara Gita Bahana Nusantara

Mereka adalah anak-anak muda, pemusik dan vokalis muda terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia yang memiliki kemampuan akademis, teknik musikalitas di atas rata-rata, serta kemampuan membaca notasi.

Irini mengatakan mereka terpilih setelah melalui audisi ketat yang diselenggarakan di tiap provinsi, kemudian sebanyak 199 peserta paling unggul ini menjalani pemusatan pelatihan sejak 3 sampai 19 Agustus di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat.

Latihan tersebut berlangsung secara berkelompok untuk anggota bersuara sopran, alto, tenor, dan bas, termasuk juga dilakukan oleh anggota orkestra, yakni di bagian combo etnis, tiup, dan string.

“Kelompok tersebut kemudian bertemu dalam latihan gabungan,” ujarnya.

GBN tahun ini, di antaranya melibatkan Eunice Tong sebagai konduktor, Purwatjaraka sebagai arranger, Yulius Istarto sebagai pelatih paduan suara tenor dan Alvin Witarsa sebagai pelatih orkestra alat musik string.

Baca juga: Paduan suara Gita Bahana Nusantara awali rangkaian Upacara HUT RI

Nantinya, pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta, GBN akan berkolaborasi dengan musisi nasional seperti Ziva Magnolya dan Adikara.

Di Istana, GBN akan membawakan sembilan lagu, yakni Rayuan Pulau Kelapa, Negeriku, Satria Indonesia, Nusantara II, Zamrud Khatulistiwa, Pemuda, Hari Merdeka, dan medley lagu-lagu Nusantara.

Lagu-lagu tersebut, akan diiringi dengan aransemen yang memasukkan unsur-unsur etnik Nusantara pada instrumennya, seperti suling, sape, kendang, tehyan, hingga talempong.

“Puncaknya di Istana Merdeka, GBN menyajikan penampilan khusus bersama Putri Ariani yang membawakan lagu Melati Suci,” ujarnya.

Irini menuturkan terdapat perbedaan kegiatan oleh tim GBN untuk tahun ini, yaitu mereka akan tampil di hadapan masyarakat luas pada acara Konser Kemerdekaan Gita Bahana Nusantara 2023, dengan tema Menembus Batas.

Baca juga: Nathania Karina, doktor musik yang jadi konduktor pertama GBN 2022

Baca juga: Ayo ikut audisi Gita Bahana Nusantara


Konser tersebut bisa disaksikan secara gratis oleh masyarakat di halaman Museum Fatahillah Kompleks Kota Tua Jakarta pada 12 Agustus 2023, pukul 19.00 WIB.

Dalam Konser Kemerdekaan, GBN akan menyuguhkan 10 lagu dengan beberapa lagu diantaranya akan berkolaborasi bersama Novia Bachmid dan pembacaan puisi oleh Deni Maulana, pemenang FLS2N.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023