Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan membuka audisi bagi putra-putri Indonesia yang memiliki bakat dan kemampuan seni musik untuk menjadi bagian dari Gita Bahana Nusantara (GBN) mulai Maret 2024.

"GBN adalah representasi Indonesia mini, artikulasi musikal dalam sebuah ekspresi kultural,” kata Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Sejak 2003, GBN telah menjadi wadah ekspresi seni dan budaya bagi generasi muda dari Sabang sampai Merauke melalui pembentukan tim paduan suara dan orkestra yang ditampilkan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Baca juga: Sambut HUT ke-78 RI, Gita Bahana Nusantara gelar Konser Kemerdekaan

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, GBN tahun ini rencananya tampil di Ibu Kota Nusantara dalam rangka mendukung upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2024 tentang Panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

GBN menjaring generasi muda berusia 16–23 tahun dari seluruh Indonesia melalui proses audisi yang terbagi menjadi dua, yaitu audisi orkestra dan audisi paduan suara.

Audisi orkestra dibagi menjadi dua tahap, yaitu daring dan luring dengan audisi daring pada 1 Maret sampai 20 April 2024, dengan mengirimkan rekaman video sesuai ketentuan pada petunjuk teknis yang kemudian akan dinilai oleh dewan juri.

Peserta yang lolos di tahap pertama akan melanjutkan ke tahap audisi luring yang berlangsung di tiga pilihan lokasi, yakni Yogyakarta, Jakarta, dan Balikpapan.

Sementara audisi paduan suara dilaksanakan mulai Maret sampai minggu kedua Juli 2024, di setiap provinsi dengan per provinsi akan diambil maksimal empat orang perwakilan terbaik yang memiliki jenis suara sopran, alto, tenor, dan bas.

Adapun aspek penilaiannya meliputi materi suara, teknik vokal, yaitu intonasi, ritmik, interpretasi, kemampuan membaca notasi atau prima vista, ambitus, dan jenis suara.

Baca juga: Paduan suara Gita Bahana Nusantara awali rangkaian Upacara HUT RI

Baca juga: Raisa-Isyana tampil memukau pada konser virtual GBN


Secara total, GBN 2024 nantinya terdiri atas 152 orang paduan suara dan 70 orang pemain orkestra hasil audisi dari seluruh Indonesia.

Peserta paduan suara maupun orkestra yang sudah lolos audisi mengikuti proses pemusatan latihan yang akan dilaksanakan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur selama 18 hari pada Agustus 2024.

Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, persyaratan, dan petunjuk teknis audisi GBN dapat diakses mulai 1 Maret 2024 melalui tautan https://linktr.ee/gitabahananusantara dan melalui kanal media sosial Instagram @gitabahananusantara.ri.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024