pola asuh dan pemenuhan hak-hak anak di masa kini akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kualitas dan karakter anak di masa mendatang.
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawatingin Barat di Provinsi Kalimantan Tengah meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) 2023 untuk kategori madya.

"Kabupaten Kobar telah meraih penghargaan sebagai Kabupaten Kota Layak Anak (KLA). Kategori Madya ini meningkat dari sebelumnya yang berkategori Pratama," kata Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat, Budi Santosa di Pangkalan Bun, Kamis.

Dia mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti dan komitmen Pemkab Kobar dan seluruh masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perlindungan anak.

Dia pun mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dan berbagai pihak terkait yang berjuang keras untuk mendapatkan predikat KLA Madya.

Budi Santosa mengatakan, sangat penting menciptakan lingkungan yang kondusif untuk menggiring pertumbuhan anak. Ini karena mereka merupakan pewaris negeri, dan penentu maju mundurnya negara dan bangsa di masa depan.

Menurut dia, pola asuh dan pemenuhan hak-hak anak di masa kini akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kualitas dan karakter anak di masa mendatang.

"Untuk itu, kami terus mendorong anak-anak terus tumbuh menjadi insan cerdas dan kompetitif, berkepribadian luhur, jujur, santun, dan berakhlak mulia," katanya.

Dia juga mengungkapkan, pentingnya asah, asih, dan asuh dalam menumbuhkan keunggulan anak-anak di Kobar. Dia mengajak semua pihak memastikan kondisi kota yang makin layak bagi anak-anak.

“Lakukan sosialisasi seoptimal mungkin agar masyarakat Kotawaringin Barat mengetahui dan memahami adanya undang-undang perlindungan anak,” imbuhnya.

Budi berharap, dengan upaya bersama antara pemerintah, masyarakat khususnya peran orang tua, dengan adanya generasi muda berprestasi dapat menumbuhkan generasi emas Indonesia, yang akan tumbuh dan berkembang. Sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi kemajuan daerah di masa depan.

"Semoga semangat ini dapat menjadi pendorong bagi semua pihak untuk selalu berupaya memajukan anak-anak Indonesia ke arah yang lebih baik,” katanya.
Baca juga: Pemkab Kobar tingkatkan peran masyarakat cegah kekerasan pada anak
Baca juga: Disdikbud Kobar: Pengadaan seragam harus ada kesepakatan wali murid
Baca juga: Pemkab Kobar raih penghargaan program penanganan stunting inovatif

Pewarta: Rendhik Andika/Safitri RA
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023