Siak, Riau, (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melaksanakan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) pada periode Agustus 2023 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau yang dilakukan enumerator atau petugas survei.

Ketua Tim Enumerator SKI tingkat Koordinator Wilayah (Korwil) Kabupaten Siak, Raisuli Ramadhan di Siak, Kamis menyampaikan survei ini bertujuan memotret status kesehatan masyarakat serta faktor risiko yang ada dalam masyarakat. SKI ini juga bertujuan untuk melihat status gizi masyarakat karena SKI ini dipadukan dengan survei status gizi Indonesia yang dilakukan setahun sekali.

"Kami memilih Kabupaten Siak sebagai objek survei kesehatan di mana nantinya tim survei akan mengambil sampel dan observasi terhadap lingkungannya kepada rumah tangga yang sudah dipilih. Nantinya ada sekitar 69 blok sensus atau desa yang akan dilaksanakan survei secara random,” kata dia.

Ia berharap enumerator benar-benar melaksanakan pengukuran dan survei sesuai arahan dan harapan pemerintah. Terutama dalam pengukuran anak-anak harus dilaksanakan sesuai standar dan aturan.

Sementara itu, Wakil Bupati Siak, Husni Merza mengapresiasi kehadiran tim Survei Kesehatan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI wilayah Riau, yang akan melakukan survei kesehatan di kabupaten Siak. Diharapkannya setelah survei akan ada komunikasi dengan Pemkab Siak.

"Kami mengapresiasi kehadiran tim survei kesehatan yang nantinya akan melaksanakan survei ke berbagai kampung atau desa yang ada di Kabupaten Siak, tentunya harapan kami dengan adanya tim SKI bisa berkomunikasi dengan Pemkab Siak terkait permasalahan kesehatan yang ada di setiap kampung,” ujar Wabup

Husni berharap survei yang dilaksanakan SKI pada periode Agustus 2023 di kabupaten Siak nantinya menghasilkan data yang benar-benar akurat. Itu agar permasalahan yang serius ini bisa segera diselesaikan.

“Kami berharap survei yang dilaksanakan SKI benar-benar menghasilkan data akurat, bisa di pertanggungjawabkan tidak hanya sekedar survei,” tegasnya.

Baca juga: Kemenkes: Survei Kesehatan Indonesia hadirkan intervensi akurat
Baca juga: Wamenkes ingin data Survei Kesehatan Indonesia dimanfaatkan maksimal
Baca juga: Survei Kesehatan Indonesia 2023 bergulir Agustus

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023