penjelasan yang diberikan petugas pada poli gigi membuat Halimah merasa senang karena diberikan informasi yang detail untuk pengobatan gigi anaknya.
Palangka Raya (ANTARA) -
Seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Halimah (33) mengaku puas kecepatan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FRKTL).

"Tadi saya berobat pakai BPJS. Untuk pelayanan berobat di Puskesmas Pahandut ini bagus. Pendaftaran cepat, waktu tunggu di polinya juga sebentar saja, tidak lama," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dia mengatakan, di FKTP itu mendaftar di poli gigi karena anaknya sakit sejak beberapa hari lalu. Saat bertemu dokter, disarankan untuk melakukan tambal gigi.

"Kalau dicabut sayang, karena giginya sudah permanen sehingga tidak tumbuh lagi. Terus jadinya disarankan untuk ditambal saja,” katanya.

Halimah mengungkapkan, dari awal pendaftaran sampai dengan mendapatkan pelayanan kesehatan hingga mendapat obat, secara keseluruhan pelayanan yang diterima sesuai ketentuan layanan.

Selain itu, penjelasan yang diberikan petugas pada poli gigi membuat Halimah merasa senang karena diberikan informasi yang detail untuk pengobatan gigi anaknya.

“Bahkan dibilang untuk nanti dilakukan tambalnya setelah rasa sakitnya berkurang. Jadi sekarang ini diberi obat dulu untuk mengobati rasa sakitnya, kemudian nanti hari Sabtu datang periksa lagi untuk tindakan penambalan giginya," katanya.

Dia menambahkan, untuk obat yang diberikan juga seluruhnya diberikan pihak Puskesmas selaku FKTP, sehingga tak perlu lagi mencari di apotek lain.

Halimah yang berprofesi sebagai pedagang ini mengaku, adanya Program JKN membuat ia sekeluarga mendapatkan keringanan saat membutuhkan akses layanan kesehatan.

Bahkan Halimah juga mengatakan bahwa sebelumnya ia sudah pernah mengakses layanan kesehatan menggunakan Program JKN, dan ia mengatakan bahwa layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan sekarang telah banyak berubah menjadi lebih baik.

"Beda sekali pelayanan dari yang dulu, sekarang pelayanan jadi bagus. Tempatnya bagus, bersih, dan luas juga, dari sarananya lengkap, dokternya juga lengkap. Pelayanan jadi lebih cepat,” kata Halimah.

Halimah berharap untuk pelayanan yang ada pada Program JKN ini dipertahankan atau bahkan jika ada hal-hal yang perlu ditingkatkan bisa ditambah lagi.

Dengan begitu setiap peserta JKN yang datang untuk mendapatkan akses layanan kesehatan akan merasakan manfaat Program JKN dengan maksimal dan merasa puas setelah mendapatkan pelayanan.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya K Hindro Kusumo mengimbau kepada seluruh Peserta JKN untuk menjaga status kepesertaan Program JKN selalu aktif demi kenyamanan dan kemudahan saat mengakses layanan kesehatan.

"Mari kita jaga status kepesertaan JKN kita agar selalu aktif, sehingga apabila kita membutuhkan layanan kesehatan kita tidak akan mengalami kendala. Kita sebagai Peserta JKN bisa melihat status kepesertaan JKN kita melalui aplikasi Mobile JKN atau bisa juga melalui kanal layanan Pandawa," kata Hindro.
Baca juga: Peserta BPJS Kesehatan sebut program JKN penolong saat darurat
Baca juga: Penderita gangguan rahim manfaatkan JKN untuk pengobatan gratis
Baca juga: 293 ribu lebih warga Palangka Raya sudah terlindungi program JKN

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023