Bangkok (ANTARA News) - Menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dijadwalkan tiba di Brunei pada pekan depan untuk menyiapkan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-22 pada 24-25 April.

Arthayudh Srisamoot, Direktur Jenderal Departemen urusan ASEAN, mengatakan tema KTT ASEAN tahun ini, "Our People, Our Future Together", mencerminkan peran penting masyarakat di kawasan itu dalam menentukan masa depan masyarakat wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri Thailand Surapong Tovichakchaikul akan menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN pada 10-11 April di mana ia berencana untuk mengadakan pembicaraan bilateral dengan Presiden Myanmar mengenai masalah perbatasan antara kedua negara, masalah asap yang berasal dari Myanmar dan kedatangan pengungsi Rohingya di tanah Thailand.

Arthayudh mengatakan, Perdana Menteri Yingluck Shinawatra yang akan bergabung dengan KTT ASEAN akhir bulan ini akan menekankan peningkatan kemitraan ekonomi antar negara dan kerja sama dalam memecahkan masalah perbatasan termasuk perdagangan manusia, perdagangan obat terlarang, bencana alam dan asap lintas batas ASEAN.
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013