Zurich (ANTARA News) - Pemerintah Swiss menawarkan mediasi dengan Korea Uara menyusul meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea setelah sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyusul percobaan senjata nuklir Utara Februari lalu.

Kementerian Luar Negeri Swiss baru-baru ini melakukan kontak dengan otoritas Korut, kata seorang juru bicara seperti dikutip Reuters.

"Swiss memiliki itikad baik untuk berkontribusi dalam meredakan ketegangan di Semenanjung Korea dan selalu bersedia membantu mencarikan solusi apabila kedua pihak menghendaki, semisal dengan menyelenggarakan mediasi antara keduanya," ujar dia lewat surel.

Korea Utara telah mengeluarkan sejumlah peringatan dan ancaman pernyataan perang terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat, sembari menyarankan diplomat asing meninggalkan Pyongyang.

Swiss kerap menjadi mediator konflik-konflik internasional.  Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan negaranya telah ikut serta dalam 15 upaya perdamaian dalam tujuh tahun terakhir termasuk konflik Sudan, Kolombia, Sri Lanka, Uganda dan Nepal.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un diketahui menghabiskan waktu beberapa tahun di Swiss sebagai pelajar di bawah samaran, demikian Reuters.

(G006/H-AK)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013