jangan merasa puas dengan kompetensi yang dimiliki
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah meminta para mahasiswa baru Universitas Negeri Gorontalo (UNG) untuk terus menjaga motivasi diri, menggali keterampilan, dan terus memperkuat kompetensi guna menghadapi persaingan dunia kerja.

Menaker dalam keterangannya di Jakarta, Kamis mengatakan iklim kompetisi pasar kerja sangat ketat, dengan menyiapkan hal-hal tersebut sejak dini, diharapkan nantinya mahasiswa sudah siap menghadapi persaingan dunia kerja.

"Yang harus adik-adik lakukan adalah menjaga motivasi dalam diri adik-adik semua. Dunia pasar kerja sangat kompetitif. Adik-adik akan menemui kompetisi yang sangat luar biasa," ujar Menaker saat memberikan kuliah umum pada Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Kota Gorontalo.

Baca juga: Kemnaker dan Hyundai Heavy Industry tingkatkan kompetensi tenaga kerja
Baca juga: Gapensi: Uji kompetensi lahirkan tenaga kerja konstruksi bersertifikat


Ia menambahkan dalam menghadapi kompetisi, kalah-menang merupakan hal biasa. Terus berpikir positif dan mencari peluang baru dan terus belajar.

"Kompetensi yang dibutuhkan sangat dinamis maka jangan merasa puas dengan kompetensi yang dimiliki. Gali terus potensi adik-adik dengan memperkuat kompetensi adik-adik," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap memenuhi pasar kerja yang dinamis.

"Perguruan tinggi menjadi kontributor agar tidak terjadi gap teknologi. Perguruan tinggi harus mampu menyiapkan skill dan kompetensi tenaga kerja kita menyesuaikan pasar kerja yang sangat dinamis. Perguruan tinggi harus bisa membaca jenis-jenis pekerja baru yang muncul," ucapnya.

Baca juga: Menaker minta GNIK bantu penerapan wajib sertifikasi kompetensi kerja
Baca juga: Apindo: Kesesuaian kompetensi dan wirausaha kunci serapan tenaga kerja
Baca juga: Menaker: Siapkan kompetensi kerja lewat Festival Pelatihan Vokasi 2022

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023