Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting dan menarik menghiasi Jakarta, Kamis (10/8) yakni  22 jiwa dan delapan keluarga terdampak kebakaran di rumah tinggal Tambora hingga Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, 50 persen penyumbang terbesar kualitas udara di Jakarta buruk adalah polusi dari transportasi.

Berikut rangkumannya.

122 jiwa terdampak akibat kebakaran di Tambora

Sebanyak 22 jiwa dari delapan keluarga terdampak kebakaran rumah tinggal di Jalan Pejagalan 1 Rt01/Rw01, Pekojan, Tambora, Kamis malam sekitar pukul 18.20 WIB.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin mengatakan pihaknya menurunkan 13 unit mobil pemadam dan 65 personel untuk memadamkan kebakaran tersebut.

Berita selengkapnya klik di sini

  2. TransJakarta beri layanan gratis untuk 200 veteran keliling Ibu Kota

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memberikan layanan gratis untuk 200 anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) berkeliling ibu kota.

"Pemerintah memberikan apresiasi dengan memberikan fasilitas gratis menggunakan TransJakarta kepada purnawirawan TNI dan Polri," kata Direktur Operasi dan Keselamatan TransJakarta, Daud Joseph saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini


3. DPRD DKI minta polisi usut tuntas pelecehan di kontes kecantikan

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meminta kepolisian mengusut tuntas dugaan pelecehan di kontes kecantikan tahunan di Ancol, Jakarta Utara.

"Saya berharap, pemerintah turun tangan, Polri usut tuntas, kejar dan tindak tegas oknumnya," kata Zita di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini


4.​​​​​​​ Legislator usul kenaikan pajak kendaraan bermotor untuk atasi polusi

Anggota Komisi B DPRD DKI Gilbert Simanjuntak mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menaikkan tarif pajak kendaraan bermotor (PKB) roda dua untuk mengatasi polusi udara di Ibu Kota.

"Solusi atas polusi tarif PKB roda dua perlu naik lebih tinggi," kata Gilbert kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini


5. Buruknya udara Jakarta akibat polusi dari transportasi


Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, 50 persen penyumbang terbesar yang mengakibatkan kualitas udara di Jakarta buruk adalah polusi dari transportasi.

"Kalau dihitung-hitung, 50 persen disumbang polusi dari transportasi," kata Heru usai evaluasi kinerja di Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023