Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memberikan layanan gratis untuk 200 anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) berkeliling ibu kota.
 
"Pemerintah memberikan apresiasi dengan memberikan fasilitas gratis menggunakan TransJakarta kepada purnawirawan TNI dan Polri," kata Direktur Operasi dan Keselamatan TransJakarta, Daud Joseph saat ditemui di Jakarta, Kamis.
 
Daud menuturkan, pihaknya mengajak berkeliling para veteran dengan rute dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Hal itu agar para veteran dapat melihat hasil perjuangan yang telah diberikan kepada bangsa dan negara.
 
Menurut dia, dengan memperlihatkan pemandangan di Ibu Kota bisa menggambarkan bangsa Indonesia yang telah maju.
 
"Salah satu indikator bangsa yang maju bukanlah ketika orang bisa membeli kendaraan sendiri, tetapi ketika mau menggunakan transportasi umum di negaranya," ujarnya.

Baca juga: Dirut KAI: Uji coba LRT mulus dan siap beroperasi
Baca juga: TransJakarta sesuaikan rute armadanya akibat demo buruh di Patung Kuda
 
Selain berkeliling secara gratis, para veteran diberikan Kartu Layanan Gratis (KLG) dalam bentuk uang elektronik.
 
"Sistemnya ketika para veteran ini sudah memiliki KLG yang sudah teregistrasi, nanti seterusnya gratis naik TransJakarta," katanya.
 
Harapannya, dengan layanan gratis ini, para veteran bisa merayakan Hari Veteran Nasional.
TransJakarta menyediakan sebanyak enam unit bus tipe dek rendah (low entry) untuk 200 anggota LVRI yang mengikuti kegiatan tersebut.
 
Seorang anggota LVRI, Dauhan Syamsuri mengaku merasa emosional dan meminta untuk mendoakan agar amal dan jasa para pahlawan diterima.
 
"Kita berdoa untuk veteran pejuang kita dan sebagai generasi berikutnya mempunyai tanggung jawab meneruskan perjuangan mereka," ujar Dauhan.
 
TransJakarta sudah menjangkau 80 persen dari seluruh populasi DKI Jakarta dengan 4.395 bus dan melayani 240 rute perjalanan.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023