Desa Usih kami siapkan sebagai kampung buah karena itu perlu dukungan bibit buah lokal seperti durian dan pisang kepok.
Tabalong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura memberikan bantuan 1.000 bibit durian unggul  dan pisang kepok kepada Kelompok Tani Mufakat Desa Usih, Kecamatan Bintang Ara.

Pengawas Mutu Hasil Pertanian DKP2TPH Kabupaten Tabalong Endang Susilowaty mengatakan, bantuan ini untuk mendukung program kampung buah di Desa Usih.

"Desa Usih kami siapkan sebagai kampung buah karena itu perlu dukungan bibit buah lokal seperti durian dan pisang kepok," jelas Endang di Tabalong, Jumat.

Dia mengatakan luas lahan pengembangan durian unggul lokal mencapai 10 hektare dan pisang kepok kuning dua hektare .

Endang menambahkan bibit pisang kepok unggul berasal dari kultur jaringan dengan kelebihan  bebas penyakit.

Varietas durian lokal di Tabalong yang sebelumnya mendapat sertifikat yakni Gantar Bumi Uya, Durian Taradak Uya, Kamundai Kuning, Kamundai Merah, Likol Burum (Durio sp.), Layung Burum, Likol Kuning, Likol Santuun, Layung Pujung, Pempakin Merah dan Durian Siduduk Lumbang.

Bantuan bibit sendiri bersumber dari dana APBD II bidang sarana sub kegiatan penjamin kemurnian dan kelestarian sumber daya genetik hewan dan tanaman di DKP2TPH Tabalong.

Selain di Desa Usih pengembangan durian lokal juga dilakukan kelompok tani Desa Uwie, Kecamatan Muara Uya, melalui program ketahanan pangan dengan menggunakan dana desa.

Sebanyak 300 bibit durian berkualitas ditanam di lahan milik desa seluas dua hektare sejak 2022 dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan petani lokal.

"Pengadaan bibit, perawatan hingga pengelolaan agrowisata durian menggunakan dana desa dan hasilnya nanti untuk BUMDes," jelas Kades Uwie Mulyadi Trisno.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023