Kami bersyukur HPN membangkitkan ekonomi lokal
Medan (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari menyebut bahwa perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 Sumatera Utara membangkitkan ekonomi lokal.

"Kami bersyukur HPN membangkitkan ekonomi lokal," ucap Atal di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada puncak perayaan HPN 2023 di Gedung Serbaguna Pemprov Sumatera Utara (Sumut), Deli Serdang, Kamis.

Pihaknya mengetahui Presiden Joko Widodo bersama pemimpin redaksi media nasional dan lokal menikmati buah durian di Jalan Iskandar Muda, Medan, Rabu (8/2) malam.

Ternyata, terang dia, pesta buah durian asal Sumatera Utara dalam beberapa hari terakhir merata, baik wartawan, para pejabat, dan tamu undangan HPN 2023.

HPN 2023 Sumatera Utara diselenggarakan pada 7-12 Februari 2023 dan diperkirakan hadir sekitar 7.000 orang baik tamu undangan dari dalam dan luar negeri.

HPN kali ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang bersifat edukatif, peningkatan kapasitas media, pengembangan ekonomi daerah, dan hiburan sehingga total ada 40 acara berlangsung selama empat hari itu.

Baca juga: Jokowi akan tinjau pasar dan resmikan terminal setelah hadiri HPN
Baca juga: Jokowi minta media arus utama jadi rumah penjernih informasi


"Mulai dari wartawan, tamu undangan, pejabat hingga Presiden menikmati Durian Medan. Tapi kami di tempat pameran ini tidak mendapatkan duriannya Pak," ucap Atal yang di sambut gelak tawa hadirin.

Pihaknya juga menampik apabila perayaan HPN 2023 Sumatera Utara cuma dinikmati kalangan wartawan maupun perusahaan penerbit pers.

"Jadi pesertanya bukan hanya pesta orang pers, tetapi pestanya rakyat, khususnya yang menjadi tuan rumah HPN," ujar Atal.

Selain itu PWI juga menginginkan dengan pelaksanaan HPN 2023 Sumatera Utara bisa membangkitkan semangat bersama dari krisis pandemi COVID-19.

"Kita kembali menapaki jalan pembangunan dan kemajuan bangsa dengan optimistis kebersamaan nasional," kata Atal S Depari.

Baca juga: Khofifah: HPN 2023 momentum perkuat kebebasan pers bertanggung jawab

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023