Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menunjuk kota Bogor dan Bekasi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Bela Diri Nasional yang akan berlangsung untuk pertama kali pada tahun ini.

"Ini akan tercatat dalam sejarah bahwa Pekan Olahraga Bela Diri Nasional yang pertama diselenggarakan di Kota Bogor dan Kota Bekasi," kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dilansir dari keterangan resmi, Jumat.

Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain Anggar (Bekasi), Kempo (Bekasi), Ju-Jitsu (Bekasi), Karate (Bekasi), Gulat (Bogor), Kick Boxing (Bogor), Sambo (Bogor), Wushu (Bogor), Taekwondo (Bekasi).

Marciano menjelaskan bahwa Pekan Olahraga Bela Diri Nasional adalah terobosan KONI Pusat untuk menambah multievent olahraga berkualitas di dalam negeri.

"Awalnya, KONI Pusat ini hanya punya PON yang dilakukan setiap empat tahun sekali. Kita merasa masih banyak hal yang bisa kita lakukan. Setelah mendapat masukan-masukan, oleh karena itu, kita akan membuat kompetisi tambahan, yang pertama Pekan Olahraga Bela Diri Nasional," jelas Marciano.

Marciano mengatakan bahwa PON diselenggarakan oleh provinsi sementara untuk Pekan Olahraga Bela Diri Nasional akan diselenggarakan oleh kabupaten atau kota.

Marciano mengajak seluruh pihak dari berbagai lapisan, baik itu pusat, provinsi maupun kabupaten/kota bersatu untuk prestasi olahraga Indonesia yang lebih baik.

"Mari kita sama-sama bersinergi untuk meningkatkan kualitas pembinaan olahraga prestasi dengan segala turunannya," ajak Marciano merujuk Sport Industry, Sport Tourism, Sport Science.

Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI Purn Dr.Suwarno menegaskan pentingnya olahraga bela diri Indonesia untuk terus ditingkatkan.

"Berkaca dari SEA Games Kamboja, penyumbang medali terbanyak dari cabang olahraga bela diri," katanya.

Sebagai tuan rumah, Kota Bogor dan Kota Bekasi sampaikan kebanggaan dan terima kasih.

"Dengan dipercayakannya (Pekan Olahraga Bela Diri Nasional) kepada kami, kami akan laksanakan amanat ini sebaik-baiknya. Kami ingin terus kembangkan sarana dan prasarana olahraga. Insya Allah penyelenggaraan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kota Bogor mendapatkan dampak dari kunjungan peserta Pekan Olahraga Bela Diri Nasional.," kata Wakil Walikota Bogor Dedie A.Rachim.

Baca juga: Pekan Olahraga Bela Diri Nasional siap digelar

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023