Kami sudah memasang bendera merah putih sepanjang jalan mulai dari Bandara Rendani sampai dengan kantor gubernur
Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melakukan pemasangan 4 ribuan bendera merah putih di Manokwari sebagai ibu kota provinsi, menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023.

"Kami sudah memasang bendera merah putih sepanjang jalan mulai dari Bandara Rendani sampai dengan kantor gubernur," kata Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat Melkias Werinussa di Manokwari, Jumat.

Ia menjelaskan seluruh aparatur sipil negara (ASN), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan honorer dari 47 organisasi perangkat daerah di lingkup pemerintah provinsi dikerahkan untuk melakukan pemasangan bendera.

Gerakan 'merahputihkan' Manokwari masih terus berlangsung hingga semua rute yang telah ditentukan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw rampung.

"Kami kerahkan semua ASN, PPPK dan honorer untuk merahputihkan Manokwari. Masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) sudah punya lokasi pemasangan bendera," ujar Melkias.

Ia mengajak seluruh komponen masyarakat Papua Barat ikut menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengibarkan bendera Merah Putih di masing-masing pekarangan rumah.

Hal itu merupakan implementasi rasa cinta kepada Tanah Air, nasionalisme, patriotisme, dan wujud partisipasi masyarakat terhadap perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah.

"Sebagai warga negara yang baik, mari kibarkan bendera di setiap rumah. Kita patut bersyukur, karena perjuangan pahlawan maka kita bisa rasakan kemerdekaan," ujar Melkias.
Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Papua Barat Melkias Werinussa ketika diwawancara awak media di Manokwari, Jumat (11/8/2023). ANTARA/Fransiskus Salu Weking


Khusus masyarakat Manokwari, kata dia, pemerintah provinsi berharap agar ikut andil dalam menjaga bendera merah putih yang telah terpasang di pinggiran jalan dari Bandara Rendani menuju kantor gubernur.

Selain itu, masyarakat harus berperan aktif menciptakan situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif sehingga perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia berjalan lancar, tertib, dan aman.

"Kalau jalan dan lihat ada tiang bendera yang jatuh, tolong pasang kembali. Kemudian rawat keamanan dengan tidak menimbulkan keributan," ucap Melkias.

Selain itu, kata dia, pemerintah provinsi menyelenggarakan berbagai perlombaan menyongsong HUT Kemerdekaan RI seperti gerak jalan tingkat pelajar dan umum, lomba lari maraton 5 dan 10 kilometer, serta festival musik.

Untuk penyelenggaraan festival musik, pemerintah provinsi berkolaborasi dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Papua Barat.

"Festival musik sudah terlaksana hari ini, gerak jalan dan lomba lari dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 15 Agustus 2023," ucap Melkias Werinussa.

Baca juga: Prajurit TNI Kendari kawal pembentangan bendera sepanjang 17 kilometer
Baca juga: TNI bersama siswa bagikan bendera merah putih di ikon Kota Ambon
Baca juga: Rayakan HUT RI, JAQS akan kibarkan bendera terpanjang di dalam air

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023