Saya pikir organisasi ini sudah saatnya untuk direformasi. Saya pikir kita (UE) sedang berada dalam kompetisi global...
London (ANTARA News) - Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron akan mengunjungi Madrid, Paris dan Berlin pada pekan ini untuk menawarkan rancangan reformasi Uni Eropa (UE) menjelang jajak pendapat terkait keanggotaan negaranya dalam blok tersebut.

Sebelum bertolak untuk mengawali perjalanan tersebut pada Senin waktu setempat ia mengatakan dirinya berharap kelompok beranggotakan 27 negara tersebut akan menerima perubahan perjanjian meskipun sejumlah pejabat UE sudah terlebih dahulu mengatakan mereka tidak berminat untuk itu.

Cameron memicu kegemparan di UE saat ia menyatakan akan merebut kembali wewenang kekuasaan dari Brussels dan memperbaharui jenis keanggotaan Inggris yang ditentukan ewat jajak pendapat selambat-lambatnya pada 2017.

Dalam sebuah wawancara dengan lima harian Eropa yang terbit Senin, Cameron menyerukan ke seluruh anggota UE untuk menyepakati "perubahan yang menguntungkan seluruh Eropa".

"Kami adalah kekuatan utama Eropa, pemain utama Eropa. Namun apakah kami menganggap terkadang mengalami arahan, intervensi dan gangguan yang melampaui batas? Ya kami berpikir demikian. Dan itu perlu diubah," kata dia.

"Saya pikir organisasi ini sudah saatnya untuk direformasi. Saya pikir kita (UE) sedang berada dalam kompetisi global bersaing dengan (negara-negara seperti) India, China, Indonesia dan Malaysia," ujar dia menambahkan.

Ia menyebutkan persetujuan para pemimpin UE pada Februari terkait pemotongan anggaran 2014-2020 sebagai contoh langkah reformis.

Cameron juga mengatakan kepada para jurnalis dari harian Le Monde Prancis, Sueddeutsche Zeitung Jerman, Il Sole 24 Ore Italia, El Mundo Spanyol dan Gazeta Wyborcza Polandia bahwa ia percaya terkait kemungkinan perubahan terhadap perjanjian UE.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013