tim Paskibraka telah melakukan pemusatan dan pelatihan sejak 29 Juli lalu
Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyebutkan kesiapan tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Papua jelang peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, sudah mencapai 90 persen di Bumi Cenderawasih.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri Agus Yudianto di Jayapura, Jumat mengatakan di mana kesiapan Paskibraka Papua sebagai pasukan 8 dan 17 yang akan bergabung dengan pasukan 45 yang merupakan pasukan gabungan TNI /POLRI.
 
"Semua sudah selesai tinggal menunggu penentuan pengerek bendera dan pembawa baki saja di mana hasilnya akan diputuskan dalam waktu dekat," katanya.
 
Menurut Jeri, menjadi tim Paskibraka pada peringatan HUT ke-78 RI berasal dari siswa/siswi SMA/ SMK terbaik yang ada di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua. Para tim Paskibrakan Papua di latih oleh Danton Markas Yonmarhanlan X Pasmar III.
 
"Dan kini para tim Paskibraka telah melakukan pemusatan dan pelatihan sejak 29 Juli lalu," ujarnya.

Baca juga: Siswa SMA Biak Miliam Mandowen lolos jadi Paskibraka Nasional
Baca juga: Papua Barat kirim dua calon anggota Paskibraka Nasional 2023
 
Dia menjelaskan guna menjaga kesehatan tim Paskibraka pihaknya selalu melakukan pemeriksaan secara detail dan diberikan fasilitas serta menerima materi terkait wawasan kebangsaan.
 
“Kami tentu berharap supaya para Paskibraka semua bisa siap dan dalam keadaan sehat saat nanti bertugas di 17 Agustus 2023 nanti,” katanya lagi.
 
Dia menambahkan untuk pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar Stadion Mandala, Jayapura.

Baca juga: BPIP: Paskibraka garda terdepan pengamal Pancasila
Baca juga: Najwa Shihab bakar semangat calon Paskibraka 2023
Baca juga: Proses seleksi penerimaan Paskibraka kini dilakukan secara online

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023