Malang (ANTARA) - Mohammad Zainal Fatah ditetapkan sebagai ketua umum terpilih Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) periode 2023-2027 dalam musyawarah nasional (munas) X organisasi itu di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB di Malang, Jatim, Jumat (11/8).

Penetapan ini didasarkan pada rekomendasi pengurus daerah, cabang, dan komisariat IKA UB. Mohammad Zainal Fatah menggantikan Erani Yustika, Ketua Umum IKA UB periode 2019-2023.

Ketua terpilih IKA UB Zainal Fatah dalam keterangan diterima di Malang, Sabtu, mengutarakan komitmen memperkokoh posisi UB melalui peran aktif para alumnus di masyarakat.

"Kita adalah bagian dari keluarga alumni UB. Kita akan mengembangkan dan memajukan UB bersama-sama melalui kontribusi nyata dalam berbagai bidang," kata dia.

Ia mengaku adanya tantangan besar dihadapi oleh kepengurusan IKA UB, terutama dalam menghubungkan dan melibatkan alumnus UB yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air dan luar negeri.

"Pengurus IKA UB akan menghadapi tantangan yang berat. Kami tidak ingin melewati perjalanan ini sendirian, kita harus bersama-sama," ujarnya.

Baca juga: Kembangkan potensi, Universitas Brawijaya gandeng alumni

Ia mengemukakan untuk mencapai tujuan tersebut, dukungan dari berbagai pihak, terutama para alumnus sebagai penting.

Ia menyatakan berjanji bekerja keras untuk memperluas dampak positif IKA UB di lingkungan masyarakat.

"Kami akan terus berjuang bersama untuk memajukan IKA UB dengan dukungan semua pihak. Bersama-sama, kita akan membawa nama IKA UB ke tingkat yang lebih tinggi," kata dia.

Zainal yang juga Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu, mengungkapkan niat untuk berkontribusi besar sebagai Ketua IKA UB.

"Kita akan bersama-sama membesarkan UB," ucapnya.

Selain menetapkan Ketua IKA UB, Munas X juga menunjuk Muhammad Ali Syafaat sebagai anggota Dewan Pengawas IKA UB periode 2023-2027.

Baca juga: Dosen dan mahasiswa UB kembangkan pertanian terintegrasi di Banyuwangi
Baca juga: MMD Universitas Brawijaya kembangkan Desaverse seribu desa di Jatim

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023