Jakarta (ANTARA) - Dua perusahaan digital Indonesia, KiriminAja dan Plugo, berkomitmen untuk melakukan kerjasama strategis dalam rangka merayakan Bulan UMKM Nasional guna memperkaya ekosistem bisnis, memicu pertumbuhan ekonomi, dan menggairahkan inovasi di lingkungan usaha mikro, kecil dan menengah Indonesia.

Pendiri dan CEO KiriminAja Fariz GTJ dalam keterangannya yang diterima di Jakarta pada Sabtu menyatakan sangat bersemangat dalam menjalin kerjasama dengan Plugo dalam menyambut Bulan UMKM Nasional. UMKM adalah pilar utama ekonomi.

"Sangat penting bagi kami untuk memberikan alat dan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang," kata Fariz.

KiriminAja, yang telah dikenal sebagai pilar bagi bisnis online di Tanah Air selama tiga tahun terakhir, menawarkan solusi pengiriman paket melalui platformnya.
KiriminAja menunjukkan komitmen besarnya karena memfasilitasi berbagai jasa ekspedisi terkemuka Indonesia untuk membantu pelaku bisnis online memperluas jangkauan pasar.

Di sisi lain, Plugo, dengan ragam layanan yang terintegrasi dan terjangkau, membuka jalan bagi setiap individu untuk memiliki toko online sendiri. Keunggulan seperti personalisasi toko online, integrasi pembayaran dan kurir, omnichannel, SEO, dan berbagai alat pemasaran menjadikan Plugo sebagai pilihan ideal bagi para pengusaha.

Menyambut Bulan UMKM Nasional, KiriminAja dan Plugo berkolaborasi untuk memberikan dampak positif dalam ekonomi digital Indonesia. Kolaborasi itu menciptakan jaringan pengiriman KiriminAja dan teknologi canggih Plugo, membuka potensi yang belum pernah dijangkau sebelumnya bagi UMKM dalam mengeksplorasi pasar digital.

Baca juga: UMKM diimbau urus legalitas produk agar tembus pasar modern

Sinergi KiriminAja dan Plugo memungkinkan pelaku UMKM mendapatkan berbagai keuntungan yang bervariasi dan substansial, mulai dari solusi pengiriman yang lebih efisien oleh KiriminAja, hingga integrasi teknologi inovatif oleh Plugo, dan peningkatan visibilitas di pasar.

KiriminAja, dengan jaringan logistik yang luas, menjamin pengiriman tepat waktu dan efisien bagi UMKM, membantu mereka mendapatkan pelanggan dengan lebih efektif. Sementara itu, Plugo membantu UMKM dalam mengoptimalkan operasi, mengelola sumber daya dengan efisien, dan beradaptasi dengan dinamika pasar yang cepat berubah.

Direktur PT. Plugo Teknologi Indonesia Izki Aldrin Iswarna mengungkapkan, "Dengan sinergi antara teknologi kami dan keunggulan logistik KiriminAja, kami percaya kami dapat memberikan dampak signifikan pada lanskap UMKM."

Target dari kolaborasi itu adalah mendorong terciptanya pelaku bisnis online yang berani berkembang, seperti yang ditunjukkan oleh merek fesyen muslim Jilbrave.

Sejak didirikan pada tahun 2017, Jilbrave telah menunjukkan pertumbuhan yang konsisten, dengan penjualan melalui website toko online mencapai 40 persen-50 persen dari total penjualan.

Sinergi KiriminAja dan Plugo, dengan Jilbrave sebagai inspirasi, siap untuk mengeksplorasi area baru dalam peta digital Indonesia.

KiriminAja dan Plugo bersatu dalam semangat inovasi dan kewirausahaan, dengan tujuan membantu UMKM meraih kesuksesan ekonomi yang lebih besar.

Baca juga: Jumlah transaksi digital UMKM di Papua dan Maluku naik 2,5 kali lipat

Baca juga: Ninja Xpress dukung penguatan layanan kepada pelaku UKM jelang Lebaran

Baca juga: UMKM naik kelas dengan inovasi anak muda dan digitalisasi

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023