Saat saya kembali ke negara saya nanti, tentunya saya akan mempromosikan Indonesia kepada teman-teman saya, saya akan mengajak mereka ke restoran Indonesia,
Jakarta (ANTARA) - Puluhan muda-mudi mancanegara, penerima beasiswa seni dan budaya Indonesia (BSBI), menampilkan tarian nusantara dari beberapa daerah Indonesia pada malam seni dan budaya Indonesia Channel 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu malam.

Para penari tersebut terdiri atas 45 pemuda dan pemudi dari 32 negara di Asia, Afrika, Eropa, dan Pasifik-Oseania.

Para siswa tersebut sebelumnya telah belajar tarian, musik, dan bahasa Indonesia selama dua bulan di sanggar seni di lima wilayah di Indonesia, yaitu Bali, Padang, Kutai Kartanegara, Banyuwangi, dan DKI Jakarta.
Baca juga: Pemuda dari negara-negara sahabat belajar tari Banyuwangi

Adapun tarian yang ditampilkan pada malam seni dan budaya Indonesia Channel 2023, antara lain Tarian Puspawresti (Bali), Tarian Randai (Padang), Tari Dayak (Kutai Kartanegara), Paju Gandrung (Banyuwangi), dan Mpok Cantik (DKI Jakarta).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa para peserta dan alumni BSBI adalah aset penting, tidak hanya sebagai duta budaya Indonesia, tetapi juga agen perdamaian di tengah dunia yang kini mengalami krisis kepercayaan.

"Ini adalah peran strategis para alumni sebagai agen perdamaian dan kolaborasi yang membuat dunia lebih damai dan harmonis," ucap Retno saat membuka kegiatan Indonesia Channel 2023 di Jakarta, Sabtu.

Salah satu penampil asal Inggris, Iva Micanovic, mengaku bangga bisa menjadi bagian dari peserta BSBI dan belajar seni dan budaya Indonesia, apalagi dia merupakan mahasiswi musik yang mempelajari gamelan di kampusnya.
Baca juga: FSB 2023 tampilkan ragam seni budaya Nusantara dan produk UMKM

"Saat saya kembali ke negara saya nanti, tentunya saya akan mempromosikan Indonesia kepada teman-teman saya, saya akan mengajak mereka ke restoran Indonesia," ucap Micanovic, yang menampilkan tarian asal Bali, Puspawresti dan Satya Brasta.

BSBI merupakan salah satu program Kementerian Luar Negeri dalam upaya mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia dengan memberikan beasiswa kepada para pemuda dari berbagai negara. Sejak penyelenggaraan pertama pada 2003, BSBI telah menghasilkan 1.024 alumni dari 83 negara.

Kemlu mencatat alumni BSBI aktif mempromosikan Indonesia di 83 negara. Mereka juga sering dilibatkan dalam berbagai pertunjukan seni dan budaya Indonesia di negaranya masing-masing.

Baca juga: Menlu harapkan peserta beasiswa Indonesia jadi agen perdamaian

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023