"Acara perayaan ini setiap tahun dilakukan yang jatuh pada Agustus, berbagai acara kegiatan seperti puja-puja, nazar melakukan puasa setelah itu diniatkan angkat susu, cucuk lidah, dan lainnya,"
Medan (ANTARA) - Ratusan masyarakat Hindu etnis India di Kota Medan, Sumatera Utara, melaksanakan perayaan Adhi Thiruvilla seperti sembahyang pemujaan yang maha kuasa, berpuasa, nazar, dan lainnya.

"Acara perayaan ini setiap tahun dilakukan yang jatuh pada Agustus, berbagai acara kegiatan seperti puja-puja, nazar melakukan puasa setelah itu diniatkan angkat susu, cucuk lidah, dan lainnya," ujar Pendeta Hindu perayaan Adhi Thiruvilla Wijaya Kumar di Medan, Minggu.

Ia mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 30 orang yang memiliki nazar, selebihnya yang mengikuti acara tersebut merupakan tamu.

"Acara ini merupakan puncak, sebelumnya pada Jumat kemarin kami telah melaksanakan kenaikan bendera Dewi pada siang hari, lalu malam acara dilakukan pemujaan kepada Dewi seperti meminta doa maupun yang bernazar," ujarnya.

Kemudian, pada Sabtu kata Wijaya ratusan umat Hindu tersebut melakukan arak-arakan puja Dewi untuk keliling kota Medan.

"Kegiatan ini dilakukan sudah kedua kali setelah pasca-COVID-19, sudah tiga tahun tidak mengadakan acara ini baik di luar maupun di kuil," kata Wijaya.

Dia berharap perayaan ini terus dilakukan lebih baik lagi ke depan, dan mendoakan dijauhkan penyakit wabah seperti COVID -19.

"Perayaan ini juga kami mendoakan di Indonesia ini khusus di Medan saling membantu dan bersatu serta tercipta negara yang aman dan nyaman," tuturnya.

Salah satu umat Hindu asal Kota Bandung Murti mengatakan, kegiatan ini setiap tahun diikuti bersama keluarga.

"Acara ini sangat bagus, kami sekeluarga datang ke Medan untuk mengikuti kegiatan ritual ini, semoga ke depan acara ini bisa lebih baik lagi dan umat bersatu," ucapnya.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023