Warga bisa mendapatkan informasi-informasi melalui kanal-kanal yang disediakan oleh BMKG
Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat mewaspadai gelombang tinggi hingga 15 Agustus 2023.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, kami berharap warga berhati-hati ketika melakukan aktivitas di laut," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror di Manado, Minggu.

Baca juga: BMKG Balikpapan deteksi 17 titik panas di empat kabupaten

Dia menyebutkan, pada umumnya angin bertiup dari arah tenggara – barat daya dengan kecepatan antara delapan hingga 20 knot.

Tinggi gelombang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter tersebut diperkirakan terjadi di wilayah perairan timur Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, perairan timur Kabupaten Kepulauan Sitaro, perairan Bitung – Likupang dan Laut Maluku bagian utara.

"Warga bisa mendapatkan informasi-informasi melalui kanal-kanal yang disediakan oleh BMKG," ujarnya.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca di sejumlah kota besar Indonesia cerah berawan

Ricky berharap warga juga memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, misalkan untuk perahu nelayan berhati-hati bila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sementara kapal ferry, kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sedangkan untuk kapal kategori besar, harap memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

Baca juga: BMKG prakirakan Jakarta cerah berawan pada Minggu hingga 34 derajat
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023