Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Minggu (13/8), mulai dari Partai Golkar dan PAN ikut berkoalisi bersama PKB dan Partai Gerindra mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) hingga bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menghormati keputusan politik Partai Golkar dan PAN mendukung Prabowo Subianto.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Golkar, PAN, dan PKB berkoalisi dukung Prabowo Subianto

Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkoalisi bersama Partai Gerindra mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Tanda tangan kerja sama politik serta deklarasi capres Prabowo Subianto dilaksanakan di Museum Naskah Proklamasi di Jakarta Pusat, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Prabowo sebut Jokowi tak campuri urusan parpol

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut Presiden Joko Widodo tidak campur tangan dengan urusan partai, termasuk saat bergabung-nya Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mendeklarasikan dirinya sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024.

"Presiden Jokowi tidak campur tangan sama sekali. Saya kira itu yang ingin saya tegaskan," ujar Prabowo usai deklarasi dukungan Partai Golkar dan PAN di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Airlangga yakin Prabowo bawa Indonesia jadi negara maju

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meyakini Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dapat membawa Indonesia menjadi negara maju.

"Kami merasa Prabowo Subianto adalah tokoh yang tepat untuk melahirkan Indonesia menjadi negara maju," kata Airlangga di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

4. PAN nilai integritas Prabowo sudah teruji

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menilai keputusan partai-nya mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029, karena Prabowo merupakan tokoh nasional yang integritas-nya teruji.

"PAN juga menilai bahwa Prabowo adalah tokoh nasional yang integritas-nya teruji, kinerja-nya juga tidak diragukan. Perjalanannya dalam mengabdi kepada RI tidak bisa diragukan. Dan yang paling penting, Prabowo konsisten dan sabar dalam merajut kohesivitas sosial dan persatuan bangsa," tutur Saleh di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Ganjar Pranowo hormati keputusan politik Golkar-PAN

Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, menghormati keputusan politik Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional yang berkoalisi dengan Partai Gerindra serta Partai Kebangkitan Bangsa mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

"Saya sangat menghormati sikap masing-masing partai, pasti beliau sudah memberikan keputusan dan sudah punya catatan harus merapat ke mana. Jadi saya sangat hormat atas keputusan yang diambil oleh partai siapa pun mereka dan kemanapun mereka," kata Ganjar di Semarang, Jateng, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023