Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur membagikan sekitar 1.200 bendera merah putih kepada masyarakat Kota Samarinda untuk persiapan menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pembagian bendera merah putih ini dicanangkan oleh pemerintah pusat dan kegiatan Ini sudah dilaksanakan sejak setahun lalu” ujar Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kalimantan Timur (Kaltim) Ahmad Firdaus Kurniawan di Komplek Stadion Madya Kadrie Oening, atau GOR Sempaja, Samarinda, Minggu (13/8).

Ia menjelaskan bendera-bendera tersebut dikumpulkan dari berbagai elemen masyarakat, baik dari perusahaan, pemerintah daerah, maupun unsur-unsur masyarakat lainnya.

“Tahun 2023 ini kami targetkan membagi 50.000 bendera se- Kaltim dengan sebaran hingga masyarakat yang ada di desa,” katanya.

Di Provinsi Kaltim, kegiatan pembagian bendera merah putih tersebar di beberapa wilayah yakni ke 10 kabupaten/kota dan sudah berjalan, kemudian puncaknya ditutup pada hari Minggu (13/8), di GOR Sempaja.

“GOR Sempaja Samarinda menjadi salah satu tempat konsentrasi masyarakat ketika hari Minggu karena selain tempat berolahraga juga ada wisata belanja kuliner, jadi momen tersebut kita manfaatkan untuk bisa membagikan bendera sebagaimana arahan dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Firdaus menambahkan bahwa hari ini ada sekitar 1.200 bendera yang dibagikan kepada masyarakat sekitar yang kebetulan berada di wilayah GOR Sempaja.

“Selain Sempaja, kami juga sudah melaksanakan beberapa pembagian bendera di Kutai Kartanegara, Balikpapan, Bontang, dan selain itu ada juga yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat,” katanya.

Ia berharap dengan banyaknya bendera merah putih terbagi maka peringatan HUT RI ke-78 di seluruh wilayah Kaltim semakin meriah, dan masyarakat dapat merasakan makna kemerdekaan sesungguhnya.

“Bendera merah putih sebagai lambang negara harus selalu dikibarkan di seluruh penjuru Negara Republik Indonesia,” jelas Firdaus.

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023