Makassar (ANTARA) - PT Pegadaian dukung gerakan Clean Up di Pantai Tanjung Bayang, yang diikuti oleh 500 millennial BUMN dan masyarakat Kota Makassar pada Jumat (11/08). Kegiatan ini merupakan wujud aksi nyata peduli lingkungan, yang dijalankan melalui program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN yaitu BUMN environmental Movement.
 
Pada kegiatan ini, tim Startup Plustik berkolaborasi dengan 221 millennial BUMN dari Pegadaian, SIG dan Pelindo beserta 100 mahasiswa dari Politeknik Negeri Ujung Pandang, berhasil mengumpulkan sebanyak 708.6 Kg yang dihasilkan dari area Pantai Tanjung Bayang.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan workshop BUMN Environmental Movement, dengan menghadirkan 168 pelaku UKM binaan BUMN. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga serta para pemateri dari BUMN Pegadaian, SIG dan Pelindo.

Saat menyampaikan materi, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menghimbau agar program-program pengumpulan dan pengolahan sampah yang dijalankan dapat memberikan timbal balik positif bagi masyarakat. Salah satu bentuk nyata yang ditawarkan adalah melalui program bank sampah Pegadaian yang menawarkan program Memilah Sampah Menabung Emas.

“Bapak dan Ibu tau ngga berapa jumlah penumpukan sampah di Makassar? 12 ton jumlahnya, setara dengan bangunan 12 lantai. Oleh karena itu kami mengajak millennial BUMN bersama Komunitas Sosial dan Lingkungan serta masyarakat, untuk memiliki kesadaran akan pentingnya mengelola sampah,” ungkap Arya.

Sementara itu, Kepala Divisi Corporate Social Responsibility PT Pegadaian Rully Yusuf berharap, dukungan yang diberikan oleh Pegadaian dalam kegiatan bersih-bersih ini bisa memberi manfaat positif khususnya dalam memberikan literasi masyarakat akan pentingnya peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Kegiatan ini menjadi ajang bagi Pegadaian untuk memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat, utamanya dalam mengelola sampah. Karena tanpa kita sadari, sampah yang mungkin biasanya hanya dibuang begitu saja, ternyata bisa kita sulap menjadi sesuatu yang berharga dan bernilai emas,” jelas Rully.

Beach Clean Up dan Workshop BUMN Environmental Movement di Kota Makassar didukung oleh BUMN Pegadaian, SIG, Pelindo serta PNM, Telkom dan BSI. Ke depannya, diharapkan workshop dapat berjalan secara berkelanjutan di Kota dan Kabupaten lainnya di seluruh Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023