Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 120 pemain golf wanita amatir meramaikan kompetisi Shell Golf Series pertama yang berlangsung di Damai Indah Golf, Pantai Indah Kapuk Course, Jakarta, Senin.

Dengan mengusung tema “Potential in Motion Golf Tournament: Pro-Am” acara ini bertujuan untuk mendorong keberagaman dan inklusi di cabang olahraga tersebut.

“Shell Indonesia menghadirkan wadah untuk mendukung pengembangan komunitas golf wanita dan para pemain golf di Indonesia sekaligus menginspirasi masyarakat umum untuk meningkatkan pola hidup sehat melalui golf sebagai salah satu opsi olahraga,” kata Direktur Pelumas Shell Indonesia Andri Pratiwa dilansir dari keterangan resmi, Senin.

Turnamen debut golf Shell Lubricants Indonesia itu diikuti oleh para pemain golf dari berbagai perusahaan lintas sektor, di antaranya otomotif, pertambangan, transportasi, energi, manufaktur, teknologi, perbankan, hingga masyarakat umum.

“Seperti yang diketahui bahwa saat ini olahraga golf masih terfokus pada atlet pria. Kompetisi turnamen olahraga golf khusus untuk atlet wanita di Indonesia pun masih sangat minim. Padahal atlet golf wanita Indonesia juga menyumbang banyak prestasi. Semoga dengan adanya ajang ini akan ada lebih banyak ajang serupa yang dapat memperkuat komunitas pemain golf wanita di Indonesia,” kata Putri Amani yang merupakan salah satu peserta.
Peserta Shell Golf Series saat mengikuti acara yang berlangsung di Damai Indah Golf, Pantai Indah Kapuk Course, Jakarta, Senin (13/08/2023) (ANTARA/HO-Shell Golf Series)


Baca juga: Gabriel Hansel akhiri Mandiri Indonesia Open di posisi 10 besar 

Terdapat dua kategori kompetisi dalam “Potential in Motion Pro-Am Golf Tournament 2023”, yaitu Pro-Am Ladies Pro & Ladies Elite Amateur dengan format Stroke Play 18 hole dan turnamen amatir yang menggunakan sistem 36 dengan format Stroke Play on Handicap System 36.

Turnamen golf dengan format Pro-Am menjadi ajang yang kompetitif bagi para pemain golf amatir sehingga dapat mengembangkan kemampuan berolahraga golf.

Selain itu, turnamen ini dapat menjadi wadah untuk lebih memperkenalkan atlet serta pemain golf wanita Indonesia ke masyarakat umum.

Ajang ini telah mendorong lahirnya komunitas golf profesional bagi wanita bernama Manika Womans Tour. Komunitas tersebut diprakarsai oleh enam orang atlet wanita profesional yang tergabung dalam turnamen ini, yaitu Agnes Retno Sudjasmin, Dea Mahendra, Putri Amani, Ika Woro Palupi, Ida Ayu Melati, dan Tatiana Wijaya.

Untuk mengapresiasi para pemenang, Shell Indonesia memberikan penghargaan dengan hadiah total ratusan juta rupiah serta berbagai penghargaan bagi pemenang hole in one, mulai dari satu unit mobil Hyundai IONIQ 5 (hole 3), satu unit mobil Mitsubishi XForce (hole 7), kupon SPBU Shell senilai 100 juta rupiah (hole 12), dan satu unit BMW X5 (hole 15).


Baca juga: Nitithorn Thippong juarai Mandiri Indonesia Open dengan 18 under
Baca juga: Turnamen BNI Ciputra Golfpreneur akan kembali dihelat akhir Agustus

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023