Masalahnya adalah karena China semakin terbukti tidak mampu keluar dari jalannya sendiri ke sisi positif
Houston (ANTARA) - Harga minyak turun lebih jauh pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), di tengah kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi China yang goyah dan dolar yang lebih kuat mengambil momentum dari kenaikan tujuh minggu karena pasokan yang ketat.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober tergelincir 60 sen atau 0,69 persen, menjadi menetap pada 86,21 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September merosot 68 sen atau 0,82 persen menjadi ditutup pada 82,51 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Dengan memudarnya harapan ekonomi China akan kembali ke tingkat permintaan pra-pandemi, pasar minyak memiliki sedikit harapan untuk pertumbuhan di masa depan, kata Walter Zimmerman, kepala analis teknis ICAP-TA.

"Masalahnya adalah karena China semakin terbukti tidak mampu keluar dari jalannya sendiri ke sisi positif, apalagi memimpin ekonomi dunia, tidak banyak lagi yang bisa memimpin hal-hal yang lebih tinggi."

Pelaku pasar terpecah, menimbang keseimbangan penawaran-permintaan yang ketat terhadap tanda-tanda melemahnya permintaan dari China, kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group.

"Saya pikir kita masih akan menghadapi pasar yang sangat ketat," kata Flynn.

Vandana Hari, pendiri penyedia analisis pasar minyak Vanda Insights, mengatakan koreksi mungkin terjadi untuk pasar minyak mentah.

"Minyak mentah telah berada di wilayah overbought untuk beberapa waktu sekarang, menentang ekspektasi koreksi," kata Hari. Dia menambahkan bahwa fokusnya adalah pada optimisme ekonomi AS, dengan mengesampingkan hambatan ekonomi di zona euro dan China.

Membebani harga minyak, indeks dolar AS memperpanjang kenaikan setelah kenaikan harga produsen AS yang sedikit lebih besar pada Juli. Itu mengangkat imbal hasil obligasi pemerintah meskipun di tengah ekspektasi Federal Reserve berada di akhir kampanye kenaikan suku bunga.

Dolar yang lebih kuat menekan permintaan minyak karena membuat komoditas lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lain.

Secara terpisah pada Senin (14/8/2023), juru bicara Shell mengatakan ekspor minyak mentah dari Forcados Nigeria dilanjutkan pada Minggu (13/8/2023), kira-kira sebulan setelah pemuatan medium sweet grade dihentikan karena potensi kebocoran di terminal ekspor.

Penangguhan itu membuat Nigeria menjadi penyumbang terbesar kedua penurunan produksi minyak mentah OPEC pada Juli, survei Reuters menunjukkan.

Pemotongan pasokan oleh Arab Saudi dan Rusia, bagian dari kelompok OPEC+ yang terdiri dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, diperkirakan akan mengikis persediaan minyak selama sisa tahun ini, berpotensi mendorong harga lebih tinggi, kata Badan Energi Internasional (IEA) dalam laporan bulanan pada Jumat (11/8/2023).

Baca juga: Minyak turun di Asia karena dolar menguat, kekhawatiran ekonomi China
Baca juga: Minyak turun di Asia karena dolar menguat, khawatir permintaan China

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023