Incheon (ANTARA) - Sekelompok kapal nelayan Korea Selatan (Korsel) menggelar aksi unjuk rasa di perairan lepas kota pelabuhan Incheon di pesisir barat Korsel sebagai bagian dari upaya yang dilakukan para nelayan setempat dalam beberapa bulan terakhir untuk menyatakan penolakan keras mereka terhadap rencana Jepang membuang air limbah radioaktif ke laut.

Lebih dari 50 kapal nelayan berangkat dari sebuah dermaga di Incheon dalam pelayaran paralel, berlayar sekitar satu setengah jam dengan spanduk terpasang di kapal bertuliskan "Gunakan air limbah yang terkontaminasi Fukushima sebagai air minum di Jepang", dan "Lautan bukan tempat pembuangan untuk air limbah yang terkontaminasi nuklir Fukushima".
 
Sejumlah kapal nelayan berlayar untuk memprotes rencana Jepang membuang limbah radioaktif ke laut, di perairan lepas Incheon, Korea Selatan, pada 14 Agustus 2023. (Xinhua/Wang Yiliang)Sebuah kapal nelayan berlayar untuk memprotes rencana Jepang membuang limbah radioaktif ke laut, di perairan lepas Incheon, Korea Selatan, pada 14 Agustus 2023. (Xinhua/Wang Yiliang)
 
Sebuah kapal nelayan berlayar untuk memprotes rencana Jepang membuang limbah radioaktif ke laut, di perairan lepas Incheon, Korea Selatan, pada 14 Agustus 2023. (Xinhua/Wang Yiliang
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023