terdengar dentuman meriam yang menjadi bagian rangkaian Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah ruas jalan di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Selasa pagi hingga siang ditutup sementara karena adanya rangkaian gladi resik Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan.

Jalan-jalan tidak dapat dilewati kendaraan meliputi M.I Ridwan Rais yang mengarah ke Jalan Merdeka Utara dihalangi menggunakan  water barrier sehingga kendaraan  dialihkan ke Jalan Perwira menuju Masjid Istiqlal.

Kemudian, Jalan Veteran III dari arah Stasiun Juanda menuju Monas juga ditutup, sehingga pengendara tidak bisa berbelok ke kiri, namun dialihkan ke Jalan Veteran Raya menuju Harmoni atau Tomang.

Dari luar Istana Merdeka, terdengar dentuman meriam yang menjadi bagian rangkaian Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan.

Kemudian berselang 30 menit, tampak atraksi pesawat udara atau flypast dari TNI AU.

Kirab Kereta Kencana Ki Jaga Rasa yang diiringi pasukan berkuda dan pasukan marching band korps TNI-Polri juga tampak keluar meninggalkan Istana Merdeka, kemudian menuju Monumen Nasional melewati Jalan Merdeka Utara dan masuk di pintu seberang Graha Pertamina.

Kirab kereta kencana ini sebelumnya membawa duplikat bendera pusaka Merah Putih yang nantinya dikibarkan di Istana Merdeka.

Adapun situasi Jalan Merdeka Utara tampak kosong tanpa kendaraan karena rekayasa lalu lintas masih diberlakukan hingga sekitar pukul 12.45 WIB.

Rangkaian Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/8) dimulai pukul 09.00 WIB.

Tahun ini akan menjadi upacara HUT Kemerdekaan RI terakhir yang diselenggarakan di Istana Merdeka di Jakarta, karena pada 2024 Presiden Joko Widodo menargetkan untuk mengadakan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.
Baca juga: Kaskogartan I Jakarta: Persiapan Upacara HUT Ke-78 RI sudah 90 persen
Baca juga: Ini ragam acara spesial HUT ke-78 RI di Taman Impian Jaya Ancol
Baca juga: JIC gelar dialog satukan ulama dan tokoh Jakarta sambut HUT RI

Pewarta: Mentari Dwi Gayati/Sasti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023