Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo pada Selasa menyatakan bahwa pemerintah merestui rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Voli 2025.

Menpora meminta Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menyampaikan apa saja yang dibutuhkan dan apa saja yang dipersiapkan dalam rangka menjadi tuan rumah Piala Dunia Voli, khususnya dalam proses bidding.

"Saya diminta untuk mengoordinasikan persiapan dan kesiapan yang dibutuhkan PP PBVSI. Dari sisi pemerintah harus segera kita persiapkan," kata Menpora Dito, seperti disiarkan laman resmi Kemenpora RI, Selasa.

Menpora Dito mengatakan pemerintah saat ini mengupayakan Indonesia bisa menjadi tuan rumah kejuaraan-kejuaraan dunia, khususnya cabang-cabang olahraga yang dianggap populer, seperti bola voli.

"Saya rasa komitmen pemerintah untuk olahraga voli ini sangat tinggi. Ini kesempatan yang juga harus diraih PP PBVSI. Jadi ke depan saya harap komunikasi dan koordinasinya kita intenskan," ujar Menpora Dito.

Baca juga: Presiden FIG minta Indonesia jadi tuan rumah kejuaraan dunia senam

Lebih lanjut, Menpora mendorong daerah dapat memiliki arena olahraga voli yang mampu menampung jumlah penonton dalam kapasitas yang besar, setidaknya satu arena di setiap pulau.

Hal itu, menurut Menpora, sebagai upaya untuk memajukan olahraga voli agar lebih merata agar nantinya dalam penyelenggaraan liga dapat membawa pemasukan yang tinggi bagi daerah.

"Jadi nantinya liga makin sehat, klubnya juga makin sehat, pasti akan menghasilkan atlet-atlet yang lebih baik," kata Menpora Dito.

Dalam hal ini, Kemenpora RI bersama PBVSI mendorong peningkatan olahraga voli, baik itu dari segi, pembinaan, infrastruktur, hingga ekosistemnya.

Hal itu pula yang mendasari Menpora mendorong digelarnya Piala Dunia Voli di Indonesia dengan harapan dapat memberi dampak positif bagi Indonesia.

"Ini adalah salah satu komitmen bagaimana pemerintah ingin olahraga voli ini lebih tinggi prestasinya dan lebih masif di masyarakat," ujar Menpora Dito.

Baca juga: Perpani ungkap dua langkah besar persiapan panahan ke Olimpiade Paris

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023