Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter di Jembatan Youtefa, Distrik Jayapura Selatan pada Selasa, dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Selasa, mengatakan pembentangan Bendera Merah Putih di Jembatan Youtefa bertujuan untuk mengingatkan anak bangsa untuk terus memperkuat dan memperkokoh persatuan serta semangat kebangsaan.

"Sehingga kemerdekaan yang telah diraih oleh para pendiri bangsa tidak disia-siakan oleh generasi muda Indonesia termasuk di Kota Jayapura," katanya.

Menurut Pekey, Bendera Merah Putih yang dibentangkan saat ini sebagai simbol dan semangat patriotisme yang ditunjukkan oleh anak bangsa di Kota Jayapura bagi negara.

Dia menjelaskan pihaknya memberikan apresiasi kepada TNI dan Polri di daerah itu yang terus menggelorakan semangat kebangsaan dan bela negara kepada masyarakat dan juga bagi seluruh peserta didik di daerah itu.

"Selain itu kami menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI khususnya Komando Pasukan Khusus (Kopasus) yang telah menyediakan Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter untuk dibentangkan di Jembatan Youtefa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura Raimondus Mote mengatakan melalui pembentangan Bendera Merah Putih di Jembatan Youtefa diharapkan bisa mendengungkan semarak HUT ke-78 RI dari ujung timur Indonesia.

"Dengan demikian semangat nasionalisme selalu tertanam dalam hati generasi muda di Papua khususnya di kota Jayapura," katanya.

Baca juga: Pencinta hewan kibarkan bendera Merah Putih di KM 0 Banda Aceh
Baca juga: Pemkab Bangkep bentangkan bendera Indonesia di Danau Paisupok
Baca juga: Bendera pusaka merah putih Kerajaan Bajeng Gowa dikibarkan.  

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023