"PDIP teratas, disusul PKB, dan Gerindra di peringkat ketiga,"
Surabaya (ANTARA) - Lembaga Surabaya Research Syndicate (SRS) memaparkan hasil surveinya dengan menyebut tiga partai politik di Jawa Timur yakni PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Gerindra dengan elektabilitas tertinggi.

Direktur Riset SRS Edwin Abdul melalui keterangan resmi di Surabaya, Selasa, mengatakan, pada survei itu, PDI Perjuangan unggul dengan elektabilitas 21,8 persen, PKB berada di posisi kedua dengan perolehan 18,5 persen dan disusul Gerindra dengan persentase 16,7 persen.

"PDIP teratas, disusul PKB, dan Gerindra di peringkat ketiga," kata Edwin.

Kendati demikian, Edwin menyatakan posisi PDI Perjuangan dan PKB di dua besar masih belum aman, sebab Gerindra memiliki potensi untuk merangsek ke atas dalam persoalan elektabilitas di Jawa Timur.

"Perkembangan Gerindra di Jatim sangat berpotensi mengusik PKB dan PDIP, Pemilu 2019 Gerindra meraih 11,2 persen dan hari ini elektabikitasnya sudah 16,7 persen," ujarnya.

Menurutnya, potensi Gerindra menyalip PDI Perjuangan dan PKB dikarenakan memiliki peluang menarik suara dari ceruk pemilih Nahdliyin.

"Banyaknya kader-kader dari representasi Nahdliyin, seperti Anwar Sadad di Gerindra. Meskipun memang faktor utama Gerindra meningkat di Jatim juga efek elektoral dari Prabowo yang terus naik di Bumi Majapahit. Gerindra sekarang sudah masuk partai papan atas di Jawa Timur," ucap dia.

Selain itu, potensi Gerindra mengungguli elektabilitas PDI Perjuangan dan PKB dikarenakan masih adanya faktor margin of error.

"Masih dalam batas margin of error, dan berpotensi berganti posisi antar partai 3 besar," katanya.

Survei oleh SRS dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 11 Agustus 2023 di 38 wilayah kabupaten dan kota Jawa Timur dengan mengambil 1.000 responden orang.

Metode penarikan sampel dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang dipilih terdiri 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan dengan quality control secara random 20 persen. SRS adalah anggota Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI).

Berikut hasil survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur yang diterbitkan oleh SRS:

1. PDI Perjuangan 21,8 persen.

2. PKB 18,5 persen.

3. Partai Gerindra 16,7 persen.

4. Partai Demokrat 7,9 persen.

5. Partai Golkar 7,4 persen.

6. Partai NasDem 6,5 persen.

7. PKS 3,9 persen.

8. PPP 3,8 persen.

9. PAN 3,2 persen.

10. Partai Perindo 3,1 persen.

Partai-partai lainnya 3,1 persen.

Tidak tahu/tidak menjawab 4,1 persen.
 

Pewarta: Abdul Hakim/Ananto Pradana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023