Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua segera memfasilitasi jaringan internet atau wifi gratis di 10 titik yang tersebar di Kota Sentani.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan layanan wifi gratis yang disiapkan bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Jayapura yang maju dan juga berkembang.

"Selain itu dengan adanya layanan wifi gratis itu juga bisa mempermudah masyarakat di Kabupaten Jayapura dalam mengakses internet," katanya.

Baca juga: Pemkab Jayapura alokasikan dana Otsus guna tingkatkan mutu pendidikan

Menurut Purnomo, Kota Sentani sangat strategis dalam pengembangan jaringan teknologi informasi karena perkembangan wilayah tersebut sangat pesat.

"Untuk pemasangan wifi gratis nanti Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura akan berkoordinasi dengan PT. Telkom terkait teknis pemasangan wifi gratis," ujarnya.

Dia menjelaskan hadirnya layanan wifi gratis kepada warga setempat dalam menunjang informasi publik demi terwujudnya kota cerdas (Smart City) tetapi juga bentuk pelayanan yang baik bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon mengatakan perkembangan teknologi dan informasi saat ini membuat kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi semakin meningkat.

"Dengan demikian kami akan memfasilitasi layanan internet gratis di area publik di Kota Sentani," katanya.

Baca juga: Dinkes Jayapura siagakan tim PCS 119 di Festival Danau Sentani 2023

Menurut Griapon, ada beberapa titik yang telah disurvei untuk pemasangan wifi seperti di Taman Pholeuw Park, Lapangan Apel Kantor Bupati dan Bukit Tungkiwiri.

Dia menambahkan pihaknya juga berencana untuk memasang wifi gratis di pendopo adat sehingga warga khususnya anak muda atau pelajar di sekitar itu dapat memanfaatkan internet gratis untuk belajar.

Diskominfo Kabupaten Jayapura menilai kebutuhan masyarakat dalam mengakses internet memang harus menjadi perhatian pemerintah dengan demikian diharapkan agar generasi muda di Kabupaten Jayapura bisa semakin cerdas. 

"Tetapi juga kami harap agar masyarakat bisa mengakses internet dengan baik dan bermanfaat serta positif," ujarnya.

Baca juga: Disparekraf Jayapura: Budaya lokal turut bangkitkan sektor pariwisata

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023