Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, lomba HUT ke-78 RI yang digelar di instansi pemerintah maupun swasta serta perkampungan di Kota Pahlawan itu mempererat "chemistry" atau kekompakan antarwarga maupun antarpegawai.

"Selain itu juga untuk menjaga kebugaran jasmani," kata Eri Cahyadi dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Baca juga: Puluhan anak disabilitas di Surabaya ikuti lomba HUT ke-77 RI

Menurut Wali Kota Eri, kegiatan lomba tersebut bagian dari momen menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Ia mencontohkan, kegiatan lomba antar-Kepala Perangkat Daerah (PD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN di lingkungan Pemkot Surabaya yang digelar sejak Selasa (15/8) hingga Rabu ini meliputi lomba permainan bola tenis, balap karung, memasukkan pensil ke dalam botol, dan sebagainya.

Baca juga: Jakbar gelar lomba mural antara kecamatan meriahkan HUT ke-78 RI

Lomba tersebut dilaksanakan di dua tempat yakni di lapangan PDAM Surya Sembada Jalan Ngagel Tirto V pada Selasa (15/8) dan Lapangan Gelora Pancasila, Surabaya pada Rabu ini.

"Jadi ini untuk mendekatkan antara wali kota dengan kepala dinas serta seluruh ASN, ada kekompakan sekaligus menjaga kesehatan jasmani. Ini juga bagian dari momen menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan," ucap Cak Eri panggilan akrabnya.

Baca juga: Lomba Perahu Layar digelar di Surabaya peringati HUT ke-77 RI

Cak Eri menyampaikan, dengan adanya lomba antara Kepala PD ini, diharapkan jajaran di Pemkot Surabaya dihindarkan dari rasa takut ataupun perpecahan satu sama dengan lainnya.

"Jadi ini menjadi penguat untuk semuanya, lomba ini juga tidak ada pengaruh ke nilai kinerja," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota ajak warga Surabaya semarakkan lomba perahu layar

Menurutnya, dengan olah raga bersama seperti ini, akan membuat pikiran jajarannya di pemkot lebih segar dan terhindar dari rasa jenuh. Ketika pikiran itu segar, maka akan muncul inovasi-inovasi baru dan bisa bekerja lebih giat lagi ke depannya.

"Bisa menurunkan rasa stres juga, kalau stresnya hilang itu akan lebih pintar. Makannya, saya ajak olahraga sekalian," katanya.

Baca juga: DKI kemarin, wanita ikut lomba mancing hingga udara Jakarta membaik
Baca juga: 5.070 orang ikut lomba gerak jalan peringati HUT Ke-78 RI di Jayapura

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023