Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, cuaca di sebagian wilayah Sumatera Utara pada hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, 17 Agustus 2023, Kamis, diprakirakan hujan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Christin Afrin Matondang di Medan, Rabu, mengatakan, Kamis (17/8) pagi cuaca berawan banyak dan berpotensi hujan ringan ringga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan disertai petir & angin kencang di sebagian Sumut

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang wilayah Sumatera Utara.
Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Padang Lawas,, Kepulauan Nias, Deliserdang, Simalungun, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga hujan petir di wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Nias, Deliserdang, Simalungun, Toba, Samosir,Tapanuli Utara, Padan Lawas Utara dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat di sebagian Sumut yang berpotensi banjir

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang wilayah Sumatera Utara terutama di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Selatan, Deliserdang, Samosir, Langkat, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir yang dapat menyebabkan banjir, longsor, genangan air, dan bencana hidrometeorologis lainnya.

Sementara suhu udara rata-rata 14.0-31.0 Derajat Celcius, kelembapan udara : 65 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai petir di sebagian wilayah Sumatera Utara
Baca juga: Sebagian wilayah Sumut masih berpotensi hujan disertai petir


Pewarta: Juraidi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023